Launching Buku Baru, Perpustakaan Kobar Tambah Koleksi Buku Sebanyak 1.500 Eksemplar

Asisten I, Tengku Ali Syahbana dan Anggota DPRD Kobar, Mina Irawati serta para tamu undangan diajak berkeliling melhat koleksi buku baru, area bermain anak indoor, ruang baca anak dan alat permain edukatif di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kobar, Selasa (29/10). (humas diskominfo kobar)

MMC Kobar - Sebanyak 1.500 eksemplar atau 500 judul buku pengadaan tahun 2019 secara resmi diluncurkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) di Halaman kantor pada Selasa (29/10).

Selain peluncuran buku, pada kesempatan ini juga diperkenalkan area bermain anak indoor dan outdoor, ruang baca anak, e-book dan alat permain edukatif pengadaan tahun 2019.

(Baca Juga : Rawan Kecelakaan, Dishub Kobar Pasang Rambu Batas Kecepatan)

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kobar, Zainah menuturkan bahwa maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan keberadaan perpustakaan daerah dengan segala fasilitas yang dimiliki sehingga dapat diketahui masyarakat.

“Selain itu, agar masyarakat dapat mengetahui adanya koleksi buku dan adanya penambahan fasilitas dalam perpustakaan,” sambungnya.

Sampai saat ini, lanjut Zainah, Perpustakaan Kobar telah memiliki koleksi buku sebanyak 11.566 judul atau sebanyak 28.330 eksemplar. Sedangkan jumlah pengunjung data tahun 2018 berjumlah 96.032 pengunjung.

“Disamping itu, Kami juga memiliki koleksi buku digital atau e-book yang dapat diakses masyarakat melalui website perpusda.kotawaringinbaratkab.go.id dan juga tersedia 22 layanan,” ungkap Zainah.

Zainah juga menjelaskan sampai saat ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kobar secara bertahap melakukan pemenuhan standar nasional perpustakaan setiap tahun, dan dengan pemenuhan standar tersebut maka diharapkan kebutuhan masyarakat akan literasi bermutu dapat difasilitasi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kobar.

“Melihat antusiasnya kunjungan ke perpustakaan, maka suatu saat perlu adanya lokasi dan gedung perpustakaan yang representatif untuk memenuhi kenyamanan bagi pengunjung, misalnya gedung yang berarsitektur modern sehingga perpustakaan juga memenuhi kriteria sebagai tempat rekreasi dan wisata baca,” pungkasnya.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Tengku Ali Syahbana, yang berkesmpatan hadir dan membuka kegiatan, mewakili Bupati Kobar turut mengapresiasi peluncuran buku baru ini. Selain itu, Ali Syahbana juga mengharapkan agar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan selalu melakukan pembinaan tenaga perpustakaan dan pustakawan.

“Agar pengembangan perpustakaan akan semakin meluas dan bergerak membangun semangat pembudayaan literasi bagi masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat khususnya menuju SDM mandiri dan berkualitas,” tutup Ali Syahbana.

Selain peluncuran buku baru, pada kesempatan ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kobar juga sekaligus menyerahkan piala dan hadiah bagi pemenang lomba mewarnai tingkat TK, lomba menggambar tingkat SD dan lomba perpustakaan tingkat SD, SMP dan SLTA se Kabupaten Kobar yang telah digelar pada tanggal 23 Oktober lalu. (humas diskominfo kobar)