Peringati Hari Anak Nasional ke-40, RSSI Pangkalan Bun Adakan Penyuluhan Pola Hidup Sehat pada Gen Z

MMC Kobar – Kamis (25/7) RSUD Sultan Imanuddin (RSSI) Pangkalan Bun bekerja sama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) RSSI turut memeriahkan Hari Anak Nasional (HAN) 2024 dengan mengadakan kegiatan Penyuluhan Kesehatan kepada siswa dan siswi di SMPN 1 Arut Selatan tentang Pola Hidup Sehat pada Generasi Z. Kegiatan penyuluhan tersebut dilaksanakan di halaman sekolah SMPN 1 Arut Selatan.

Tema peringatan HAN 2024 adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” kegiatan ini menghadirkan narasumber dr. Untung Surapati, Sp.PD KGH dengan materi Menjaga Kesehatan Anak Dengan Menerapkan Pola Hidup Sehat.

(Baca Juga : Ombudsman RI Perwakilan Kalteng Lakukan Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik di DPMPTSP Kobar)

“Jika dilihat dari kebiasaan anak-anak sekarang yang terlihat acuh akan kebiasaan pola hidup sehat, seperti sering kali mengonsumsi minuman dan makanan yang instan dimana itu dalam jangka panjangnya tidak baik untuk Kesehatan,” kata dr.Untung.

dr.Untung juga memberi kesempatan kepada para siswa dan siswi yang ingin bertanya. Salah satu siswa bertanya mengenai penyakit yang disebabkan jika makan tidak mencuci tangan. dr. Untung Surapati lebih lanjut menjelaskan terkait kebersihan tangan dengan mempraktekkan gerakan Hand Hygiene atau 6 langkah cuci tangan yang benar.

Kepala sekolah SMPN 1 Arut Selatan, Soni Yardawati menyampaikan apresiasi terkait kegiatan penyuluhan pada hari ini. Menurutnya kegiatan penyuluhan kesehatan seperti ini memang sangat diperlukan untuk siswa dan siswi dimana mereka selalu acuh akan Kesehatan.

:Diharapkan dengan adanya penyuluhan ini anak-anak bisa menerapkan pola hidup sehat dengan baik dan benar. Sehingga sesuai dengan tema hari anak pada tahun ini, Anak terlindungi, Indonesia Maju,” pungkasnya. (rssi pbun)