Dinas Dikbud Kobar Gelar Bimtek Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan bagi Guru Kelas Awal Jenjang SD

(Foto Bersama) - Plt Kadis Dikbud, Bunda PAUD Kobar, Narasumber dari BPMP dan Kabid Pengelolaan SD serta seluruh peserta kegiatan

MMC Kobar - Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui bidang Pengelolaan SD menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan bagi Guru Kelas Awal Jenjang Sekolah Dasar di aula Kyai Gede kantor Bupati, Jumat (5/7).

Bimtek ini dilaksanakan selama 2 hari dengan peserta terdiri dari kepala sekolah dan guru sekolah penggerak serta guru guru PAUD-SD. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta terhadap penguatan pembelajaran transisi PAUD-SD. 

(Baca Juga : Dinas Dikbud Gelar Coffee Morning dengan PWI Kobar)

Plt Kepala Dinas Dikbud, Jamri, saat membuka kegiatan ini mengingatkan kepada seluruh peserta bimtek agar benar benar dapat menciptakan sekolah yang menyenangkan bagi anak anak.

“Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan memastikan bahwa dimanapun titik berangkat anak, mereka berhak mendapatkan hak yang sama, yaitu memiliki kemampuan fondasi agar dapat siap bersekolah dan menjadi pembelajar sepanjang hayat,” ujar Jamri.

Sementara itu Kabid SD Dien Fahriandy dalam laporannya menyampaikan, transisi PAUD-SD merupakan sebuah proses di mana anak berpindah dari perannya sebagai peserta didik PAUD, menjadi peserta didik SD/MI. 

“Artinya, transisi yang dialami oleh anak dari PAUD ke SD haruslah mulus, atau anak tidak perlu melakukan terlalu banyak penyesuaian sebagai akibat dari perpindahannya,” ujar Fahriandy. 

Narasumber pada kegiatan ini adalah Bunda PAUD Kobar Hj Harli Saparia, kemudian dari Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Wanto dan Kepala Sekolah SDN Raja 4, Sariwati. (disdikbbud)

 

Antusias Peserta kegiatan Bimbingan Teknis Transisi PAUD-SD yang menyenangkan bagi guru kelas awal jenjang Sekolah Dasar