Kunjungan Kerja Dinas PMPTSP Kalteng ke Dinas PMPTSP Kobar

MMC Kobar - Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dinas PMPTSP), Encep Hidayat didampingi Eselon III menerima kunjungan kerja rombongan pegawai Dinas PMPTSP Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) di Aula Kantor, Kamis (6/8).

Kunjungan kerja yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Dinas PMPTSP Provinsi Kalteng Sukarno ini dalam rangka silahturahmi sekaligus sharing informasi terkait penganggaran dan permasalahan yang dihadapi bidang-bidang pada Dinas PMPTSP Kobar.

Encep mengatakan bahwa pihaknya sangat menyambut baik kunjungan kerja dari Dinas PMPTSP Kalteng, dimana pada saat pertemuan tersebut, kedua belah pihak telah berbagi informasi terkait penganggaran pada program dan kegiatan yang sedikit banyak terimbas dikarenakan adanya pandemi Covid-19.

"Selain berbagai permasalahan terkait penganggaran, kami juga tadi telah berbagi ilmu dan informasi, baik itu tentang evaluasi pelayanan publik, penerapan aplikasi SiCANTIK, permasalahan peta potensi dan peluang bagi para investor, dan juga pelaporan tentang permasalahan LKPM,” jelas Encep.

Kepada para rombongan, Encep juga menyampaikan bahwa Dinas PMPTSP Kobar telah berupaya untuk selalu mencari solusi terkait berbagai permasalahan yang timbul di dinas. Sebagai contoh adalah terkait permasalahan aplikasi SiCANTIK, yang pada awalnya dinas sempat terkendala pada penyediaan aplikasinya, namun mulai bulan Juli, masyarakat yang ingin mengurus permohonan izin Bidang Kesehatan, sudah bisa menggunakan aplikasi SiCantik tersebut.

“Dengan dibantu oleh tenaga IT yang kami rekrut, maka pada akhirnya kami dapat menyediakan aplikasi SiCantik bagi mereka yang ingin mengurus permohonan izin di Bidang Kesehatan, yang saat ini telah ada 6 surat izin yang bisa diurus, seperti Surat Izin Praktek Dokter, Surat Izin Praktek Apoteker, Surat Izin Praktek Perawat, Surat Izin Praktek Bidan, Surat Izin Kefarmasian, dan Surat Izin Ahli Teknologi Laboratorium  Medik,” ungkap Encep panjang lebar.

Sementara itu, Sukarno mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Dinas PMPTSP Kobar yang telah menerima mereka dan memberikan kesempatan secara terbuka untuk saling bertukar informasi terkait segala permasalahan yang dihadapi oleh Dinas PMPTSP Kobar.

“Ini adalah rangkaian kegiatan kami ke beberapa kabupaten di Kalimantan Tengah untuk sharing dan menyerap aspirasi guna peningkatan kualitas perizinan dan penanaman modal di Provinsi Kalimantan Tengah,” ujar Sukarno.

Lebih lanjut Sukarno menambahkan bahwa Provinsi Kalteng adalah termasuk dalam 5 Provinsi Terbaik Tingkat Nasional Dalam Capaian Kinerja Program Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Korupsi dengan 8 area intervensi.

“Delapan area intervensi antara lain Perencanaan dan Penganggaran APBD, Pengadaan Barang dan Jasa, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kapabilitas APIP, Manajemen ASN, Dana Desa, Optimalisasi Pendapatan Daerah, dan Manajemen Aset Daerah,” pungkas Sukarno. (dpmptsp kobar)