Pemkab Kobar Selenggarakan Orientasi PPPK

Asisten Administrasi Umum, Kepala BKPSDM dan sejumlah pejabat Pemkab Kobar foto bersama dengan peserta orientasi PPPK

MMC Kobar - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) melaksanakan orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Orientasi diikuti oleh 351 PPPK tahun pengangkatan 2022 dan 2023 yang terdiri dari 3 angkatan. Pembukaan orientasi dilaksanakan pada Senin (22/04) bertempat di Aula Antakusuma Pangkalan Bun Park.

Ketua pelaksana kegiatan orientasi Aida Lailawati dalam laporannya menyampaikan bahwa orientasi ini merupakan salah satu strategi dalam pengelolaan SDM di Kobar. Orientasi diarahkan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai lingkungan kerja, tugas dan tanggung jawab PPPK. Materi yang diberikan berupa pengenalan fungsi dan tugas ASN serta pengenalan nilai dan etika pada instansi pemerintah. “Pembelajaran nantinya dilakukan secara blended learning” ujar Aida

(Baca Juga : BPBD Kobar Gelar Rakor Pasca Banjir Wilayah Perkotaan)

Pj Bupati Kotawaringin Barat, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum, Syahruddin, menyambut baik kegiatan orientasi PPPK ini. Hal ini tidak lain karena peran PPPK semakin signifikan dalam mendukung kelancaran berbagai kegiatan pemerintahan. Pentingnya peran tersebut mendorong perlunya strategi pengelolaan SDM yang efektif. 

“Mengingat latar belakang PPPK yang berasal dari non ASN, tentunya perlu diberikan pemahaman tentang nilai dan fungsi ASN. Wajib bagi kita semua untuk mengimplementasikan core value ASN yaitu BerAKHLAK,” tegas Syahruddin.

Terkait pelaksanaan orientasi, Syahruddin berharap agar peserta mengikuti kegiatan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Gunakan kegiatan ini untuk membangun networking dan berbagi pengalaman. 

“Terakhir saya berpesan sebagai abdi negara kita harus berintegritas, professional, jujur dan anti korupsi,” ujar Syahruddin sekaligus mengakhiri sambutannya.