Pj Bupati Sampaikan Pentingnya Sinergi untuk Ciptakan Stabilitas Menghadapi Pemilu Serentak 2024

MMC Kobar - Pj Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Budi Santosa menghadiri kegiatan silaturahmi antara pemerintah daerah dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) dan perwakilan dari organisasi masyarakat (Ormas) di wilayah Kobar. Kegiatan pada Sabtu (29/7) ini berlangsung di Rumah Makan Ruhama. 

Dalam kegiatan yang berlangsung penuh dengan suasana kekeluargaan ini juga digelar diskusi yang mengangkat tema peran “Ormas Dalam Menjaga Kondusifitas Wilayah Untuk Menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2024.

(Baca Juga : Pentingnya TNI Menjaga Netralitas dalam Politik Nasional)

Dalam kesempatan ini, Pj Bupati Budi Santosa menyampaikan pentingnya sinergi antara pemerintah daerah, forum keagamaan, dan ormas dalam menciptakan keamanan dan stabilitas di wilayah Kobar. Budi Santosa menekankan betapa vitalnya menjaga kerukunan antarumat beragama dan persatuan kebangsaan, terutama dalam menghadapi tantangan pemilu serentak yang akan datang.

"Pemilu serentak tahun 2024 merupakan momen krusial bagi bangsa kita. Kita perlu bersama-sama memastikan bahwa proses pemilu berjalan dengan lancar dan damai, tanpa adanya konflik yang mengganggu stabilitas wilayah," ujar Budi.

Budi Santosa mengapresiasi kegiatan ini karena menilai kolaborasi yang baik antara pemerintah, forum keagamaan, dan ormas dapat menciptakan ruang dialog yang terbuka dan saling menghargai. Sehingga berbagai potensi konflik dapat dihindari dan diselesaikan secara bijaksana.

Diskusi yang dilaksanakan dalam kegiatan silaturahmi ini pun diikuti dengan antusias oleh seluruh peserta. Para perwakilan ormas, tokoh agama, dan anggota FPK turut menyampaikan pandangan, pemikiran, serta komitmen mereka dalam menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai kebhinekaan di wilayah Kobar. 

“Semoga kebersamaan dan kolaborasi ini dapat berlanjut dalam upaya mewujudkan Kotawaringin Barat yang aman, damai, dan harmonis,” imbuh Budi santosa. (rib/prokom setda)