Sosialisasi Aplikasi SiMAYA di DLH Kobar

Salah satu narasumber dari Bidang e-Gov - Diskominfo Siswanto sedang mendemonstrasikan Aplikasi SiMAYA di ruang Sekretariat DLH Kobar, Jumat (13/3/2020). Foto: dok. DLH Kobar

MMC Kobar - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) pada Jumat (13/3) menerima kunjungan dari Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kobar untuk memberikan sosialisasi mengenai tata cara penggunaan aplikasi perkantoran (SiMAYA).

Diskominfo Kobar yang diwakili Kepala Bidang e-Government Suyono beserta jajarannya menyampaikan bahwa aplikasi perkantoran SiMAYA merupakan program dari Kementerian Kominfo yang sudah diterapkan di lebih kurang 190 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Dan di Kobar sudah empat SOPD yang sudah berikan sosialisasi, termasuk DLH Kobar.

(Baca Juga : Siswa SDN 1 Pasir Panjang Antusias Ikuti Edukasi Siaga Bencana)

“Aplikasi SiMAYA merupakan salah satu aplikasi perkantoran yang berbasis web, yang dititikberatkan untuk mengurangi penggunaan kertas (less paper),” ungkap Suyono.

Lebih lanjut, Suyono memaparkan bahwa ada tingkatan dalam hak akses penggunaan aplikasi SiMAYA tersebut. “Ada 3 tingkatan hak akses untuk menggunakan aplikasi ini, yaitu level Admin SOPD, level Staf TU dan level user biasa,” imbuhnya.

Sementara, itu Kepala DLH Kobar Bambang Djatmiko menyambut baik adanya sosialisasi ini karena mendukung dengan gerakan mengurangi penggunaan kertas (less paper).

“Kami sangat menyambut baik sosialisasi ini, seyogyanya kegiatan ini diadakan hari Senin lalu, namun karena ada sesuatu dan lain hal dengan sangat terpaksa pelaksanaannya diundur pada hari ini,” tutur Bambang.

Kegiatan sosialisasi aplikasi SiMAYA diakhiri dengan praktik langsung yang dipandu oleh narasumber Bidang e-Government Siswanto mulai dari penerimaan surat masuk, diagendakan dan dikirim ke pimpinan oleh petugas agendaris surat, didisposisi pimpinan hingga diterima oleh penerima disposisi untuk ditindaklanjuti. (karlan08)