Kegiatan Pos UKK di Desa Tanjung Putri Diminati Warga

Kepala Puskesmas Kumpai Batu Atas Sugasar sedang memberikan penyuluhan kepada bapak Amir Hasan di Pos UKK Sumber Rejeki Desa Tanjung Putri, Jum’at (12/10). (NA/Unx)

MMC KOBAR - Kegiatan Pos Upaya Kesehatan Kerja (UKK) Puskesmas Kumpai Batu Atas di Pos UKK Sumber Rejeki, Desa Tanjung Putri, Kecamatan Arut Selatan yang dilaksanakan pada Jum’at (12/10), diminati oleh warga Desa Tanjung Putri yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan. Mereka sangat antusias pada pemeriksaan laboratorium yang bersamaan dengan pemeriksaan golongan darah.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Desa Tanjung Putri, Ketua PKK Desa Tanjung Putri dan kader kesehatan. Dengan peserta sebanyak 50 KK yang terdiri dari 167 warga Desa Tanjung Putri.

(Baca Juga : Cegah Penyebaran Covid-19 di Pasar, Polsek dan Kecamatan Arsel Inisiasi Pembentukan Pasar Tangguh Planggan Sari)

Kegiatan Pos UKK Sumber Rejeki di Desa Tanjung Putri berlangsung selama 4 jam dimulai dari pukul 08.00 WIB. Pelayanan kesehatan yang diberikan saat itu berupa pengobatan, pemeriksaan laboratorium, penyuluhan dan konseling kesehatan kerja.

Saat kegiatan sedang berlangsung, salah seorang peserta, Amir Hasan menyampaikan keluhan kesehatannya, “Saya seluruh badan sakitnya pak, kaki sebelah kanan terasa ngilu pak ai, bulik mencari ikan” ujarnya kesalah satu petugas medis. Setelah dilakukan pemeriksaan dan pengobatan kepadanya, Kepala Puskesmas Kumpai Batu Atas, Sugasar pun memberikan penyuluhannya kepada Amir Hasan, "Agar selain meminum obat medis, Pak Amir Hasan juga dapat menerapkan pengobatan tradisional dengan minum ramuan jahe merah, kayu manis, cengkeh dan gula merah,” terang Sugasar yang juga sebagai pengelola Program UKK Puskesmas Kumpai Batu Atas.

Dijelaskannya pula bahwa kegiatan ini merupakan wadah untuk mengintegrasikan program pengobatan medis dan kesehatan tradisional yang dapat dilaksanakan secara mandiri oleh masyarakat.

Menurut Direktorat Bina Kesehatan Kerja Depkes RI tahun 2009, Pos UKK merupakan wadah dari serangkaian upaya pemeliharaan kesehatan pekerja yang terencana, teratur dan berkesinambungan yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk pekerja dengan tujuan untuk meningkatkan kesehatan pekerja sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja.

Kegiatan Pos UKK yang telah rutin dilaksanakan di Puskesmas Kumpai Batu Atas ada di dua desa, yakni Pos UKK Karang Sari di Desa Kumpai Batu Bawah, dan Pos UKK Sumber Rejeki di Desa Tanjung Putri. Dengan keberadaan Pos UKK ini bisa menjadi wadah pembinaan dan pengawasan kesehatan bagi warga di kedua desa tersebut. (NA/Unx)