Kabupaten Kobar Selesaikan Pemutakhiran Pendataan Keluarga Tahun 2023

Pendataan Keluarga Tahun 2023

MMC Kobar – Kabupaten Kotawaringin Barat melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kobar kembali melakukan Pemutakhiran Pendataan Keluarga Tahun 2023 yang telah dilaksanakan pada tanggal 1 Juli sampai dengan 7 Agustus 2023.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) memfokuskan Pemutakhiran Pendataan Keluarga Tahun 2023 di 13.263 desa/Kelurahan di seluruh Indonesia dengan tujuan meningkatkan akurasi data sehingga intervensi pemerintah dalam dalam percepatan penurunan stunting dan penghapusan kemiskinan ekstrem bisa tepat pada keluarga sasaran.

(Baca Juga : Sosialisasi Kegiatan DPKH Kobar Tahun 2021 di Kecamatan Arsel dan Kumai)

Seperti kita ketahui Pemutakhiran Pendataan Keluarga ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun untuk menghasilkan data yang akurat, terkini, dan dapat dipertanggungjawabkan sehingga intervensi program yang dilakukan lebih tepat sasaran dan memiliki dampak yang signifikan terhadap capaian program.

Kepala Dinas P3AP2KB Kobar Agus Basrawiyanta menyampaikan, Kobar berhasil memutakhirkan data sebanyak 24.965 KK dari 17 desa/kelurahan dengan capaian KK berhasil di data sebanyak 101,26 persen.

“Prestasi ini didapat dengan dukungan yang melibatkan 157 tenaga lini lapangan yang terdiri dari 130 kader pendata, 17 supervisor, 5 manajer pendata, dan 5 manajer pengelola dengan metode pengumpulan data berbasis Smartphone sebanyak 80 persen dan formulir sebanyak 20 persen," jelas Agus Basra, Senin (7/8)

Agus Basra menambahkan pemutakhiran ini sebagai langkah awal agar kita memiliki data yang valid untuk mendukung perencanaan program daerah.

“Hasil pemutakhiran data ini menjadi evaluasi bagi kabupaten, sehingga dapat diketahui solusi dan kendala Kabupaten dalam memperoleh data yang valid,” tandasnya. (aw/dp3ap2kb-kobar)

Kepala Dinas P3AP2KB Kobar Agus Basrawiyanta