Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) Baik, DPMPTSP Kobar Tetap Terus Perbaiki Kinerja Pelayanan

Suasana pelauanan pada DPMPTSP Kobar (5/3)

MMC Kobar - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Bidang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) baru saja mengeluarkan Laporan Hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Tahun 2019 untuk periode ke dua, pada Kamis (5/3). Hasil SKM tersebut dapat dilihat pada papan pengumuman DPMPTSP Kobar.

Kepala DPMPTSP, Drs. Encep Hidayat, M.AP menyampaikan bahwa salah satu indikator keberhasilan dalam menjalankan peranannya sangat ditentukan pada tingkat kualitas publik yang disediakan. Oleh karena itu, kami berkomitmen dan berupaya untuk selalu memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan publik, salah satunya yaitu dengan melakukan evaluasi terhadap kinerja pelayanan kami kepada masyarakat.

(Baca Juga : Bupati Berikan Bantuan Operasional Kepada Masyarakat Nelayan di Desa Teluk Bogam)

“Berdasarkan laporan SKM pada Dinas kami yaitu mendapatkan kategori mutu pelayanan A, yang artinya masyarakat puas dengan pelayanan yang kami berikan. Namun demikian, kami tidak akan terlena, dan kami akan tetap terus memperbaiki mutu pelayanan kami sehingga masyarakat akan mendapatkan manfaat yang lebih besar” ujar Encep.

Kepala Bidang PTSP, Siti Mariam, SH menambahkan bahwa kegiatan SKM TA. 2019 ini mulai diselenggarakan pada bulan September s.d November 2019 yang kemudian hasilnya kami umumkan kepada masyarakat  pada hari ini, dapat dilihat pada papan pengumuman dinas.

Lebih lanjut Mariam menuturkan bahwa survey kepuasan tersebut dilakukan dengan metode langsung dengan menyebarkan kuesioner, dan data yang dikumpulkan dalam kegiatan ini yaitu data primer. Data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari responden melalui tatap muka degan menggunakan kuesioner terstruktur.

Mariam juga mengatakan bahwa dalam melaksanakan SKM ini terdapat beberapa tahapan yaitu pembekalan tim pelaksana survei, pengawasan wawancara, pemeriksaan kuesioner yang telah terkumpul, pelaksanaan back-checking kepada responden dan proses validasi.

“Survey ini mengikutsertakan masyarakat yang menjadi customer DPMPTSP dengan mendapatkan jumlah responden sebanyak 92 responden yang terdiri dari 62% laki laki dan 38% perempuan dengan pendidikan 7% SLTP, 65% SLTA, 18% S1, dan 10% S2. Memang dilihat dari hasil survey kita mendapatkan 89,91% dengan kategori mutu pelayanan A atau baik, namun demikian kami akan tetap mengevaluasi kinerja pelayanan kami agar lebih baik” ujar Mariam.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan penilaian, masukan maupun saran yang sangat bermanfaat kepada DPMPTSP, sehingga kami dapat terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat” pungkas Mariam.(dpmptsp)