Pertama Kali, Kontes Ternak Kambing Digelar di Kecamatan Kotawaringin Lama

Tim Juri Penilai Lomba Kontes Ternak Kambing dari Dinas Pertanian Kobar

MMC Kobar - Selasa (31/10), Sejumlah 24 ekor hewan ternak kambing ikuti lomba Kontes Kambing Tingkat Kabupaten. Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Desa Suka Makmur, Kecamatan Kotawaringin Lama. 

Hadir pada kegiatan tersebut Kapolsek Kotawaringin Lama, perwakilan dari Dinas Pariwisata dan Perwakilan dari Kecamatan yang ada di Kotawaringin Barat, peternak kambing dan Tim dari Dinas Pertanian.

(Baca Juga : Gebrakan Bupati, Semua Murid Baru Dapat Seragam Gratis )

Kontes Ternak Kambing ini digelar untuk mencari bibit ternak unggul milik peternak. Jenis kambing yang dikonteskan adalah jenis Jawa Randu dan Peranakan Etawa (PE) dengan tiga kategori lomba kontes diantaranya Pejantan extrim (umur kambing bebas), Indukan (umur kambing bebas) dan Bakalan (bakalan umur minimal 7 bulan maksimal sebelum poel).

Hadiah yang diperebutkan terdiri dari uang pembinaan dengan total Rp10.000.000, selain itu pemenang memperoleh tropy dan piagam dari Dinas Pertanian.

Salah satu ternak kambing peserta kontes

Kepala Dinas Pertanian melalui Sekretaris Dinas Haryo Prabowo menyampaikan, Lomba Kontes Kambing Tingkat Kabupaten selain sebagai ajang silahturahmi antar peternak juga bertujuan untuk menjadi ajang pencarian bibit unggul ternak di wilayah Kotawaringin Lama. 

“Dinas Pertanian mendukung sepenuhnya Lomba Kontes Ternak Kambing ini. Melalui lomba ini banyak manfaat yang bisa kita peroleh, khususnya dalam upaya mencari bibit unggul ternak,” ujar Haryo saat membuka acara kontes kambing.

Haryo menambahkan, melalui kegiatan lomba kontes ternak kambing ini juga dapat memotivasi peternak lain untuk melakukan budidaya dan pemeliharaan kambing yang baik. 

“Kita juga berharap kegiatan ini dapat memotivasi peternak untuk melakukan budidaya dan pemeliharaan kambing yang baik, bahkan mungkin untuk dapat memproduksi susu kambing untuk konsumsi serta kedepannya bisa saja dimasukan dalam kegiatan rutin setiap tahunnya,” lanjut Haryo.

Kegiatan Kontes Ternak Kambing ini merupakan kontes ternak kambing yang pertama kali digelar dan merupakan kegiatan yang dipelopori oleh Sentra Peternakan Rakyat (SPR) Mulya Jadi Kotawaringin Lama yang didukung penuh oleh Dinas Pertanian Kobar. 

"Kami berharap melalui kegiatan kontes, khususnya Peternak kambing dapat lebih semangat memelihara kambing sehingga dapat meningkatkan populasi kambing dalam memenuhi kebutuhan daging untuk masyarakat Kotawaringin Barat pada umumnya," ujar Haryo.

Kegiatan Kontes Ternak kambing ini sukses dilaksanakan seperti diungkapkan Ketua panitia lomba, Toha. “Lomba kontes Ternak kambing ini tadinya digelar untuk menyemangati para peternak, ternyata mendapat antusias luar biasa dari peserta peternak kambing,” ungkap Toha.

Peserta kontes merupakan peternak dari Kabupaten Kobar, Kabupaten Lamandau dan Kabupaten Sukamara bahkan dari Kecamatan Manis Mata Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Barat juga ikut berpartisipasi. Total jumlah kambing yang mengikuti kontes berjumlah 24 ekor dari 13 peternak.

Dinas Pertanian mengirimkan 5 juri penilai langsung untuk menjamin kenetralan lomba tersebut. Selanjutnya para pemenang kontes kambing memperoleh piagam dari Dinas Pertanian Kobar dan mendapat uang pembinaan serta tropy dari panitia penyelenggara kegiatan. 

“Para peternak sangat senang dengan adanya kegiatan kontes tersebut dan semoga bisa terlaksana lagi ditahun-tahun berikutnya dan bisa lebih meriah lagi untuk bisa mengapresiasi serta mengangkat peternak kambing di Kabupaten Kotawaringin Barat,“ tutup Toha. (n2k/distankobar)

Para Peternak yang memenangkan Lomba Kontes Kambing berfoto bersama Tim Juri