Pemkab Kobar Akan Segera Terapkan Administrasi Persuratan Maya

Kepala Dinas Kominfo Kobar, Rody Iskandar saat menyampaikan sambutan pada kegiatan Pembukaan Bimtek SIMAYA yang digelar selama 2 hari di Aula Bupati Kobar, senin (29/04). (humas diskominfo kobar)

MMC Kobar - Sesuai dengan amanat Perpres No. 95 tahun 2018 tentang sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, bahwa semua instansi pemerintah baik pusat maupun daerah didorong untuk menjalankan sistem pemerintahan berbasis elektronik baik untuk manajemen sistem pemerintahan maupun layanan publik.

Dalam rangka melaksanakan undang-undang tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfo) menggelar Bimtek Aplikasi Sistem Administrasi Perkantoran Maya (SIMAYA) di Aula Bupati, senin (29/04).

(Baca Juga : Siapkan Kabupaten Kobar Bebas Kasus Frambusia, Dinkes Kobar Gelar Workshop Persiapan Penilaian Eradikasi Frambusia)

Kegiatan yang digelar selama 2 hari ini (29-30) selain diikuti oleh semua SOPD di lingkungan Kabupaten Kobar juga dihadiri perwakilan Diskominfo Kabupaten Pulang Pisau. Kegiatan yang mengambil Narasumber bimtek langsung dari Kementerian Kominfo Republik Indonesia.

Dalam sambutannya kepala Dinas Kominfo Kobar menyampaikan, bahwa sistem pemerintahan berbasis elektronik merupakan salah satu upaya pemangkasan waktu dan biaya serta meminimalisir kemungkinan terjadinya praktek korupsi dalam pelayanan yang dilakkukan oleh pemerintah.

“Dengan penerapan aplikasi SIMAYA ini, adanya efisiensi waktu, efisiensi anggaran untuk pengadaan kertas dan belanja lemari arsip tidak diperlukan lagi. Disamping itu juga terciptanya tertib administrasi,” tambahnya.

Untuk diketahui, aplikasi SIMAYA ini sudah mulai diujicobakan di lingkungan Kantor Diskominfo Kobar sejak bulan maret lalu, dan secara bertahap melalui bimtek ini SOPD lain bisa ikut mengaplikasikan SIMAYA di lingkungan kantornya masing-masing.

“Setelah pelaksanaan Bimtek ini, selain Diskomimfo karena karena diskominfo sudah melaksanakan sistem ini sejak bulan Maret lalu sampai sekarang, minimal ada beberapa SOPD yang sudah menerapkan aplikasi ini,” harapnya. (jon manik/humas diskominfo kobar)