MGMP Tingkatkan Mutu Pendidik

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kotawaringin Barat membuka pelatihan MGMP SMP/ MTs Kabupaten Kotawaringin Barat, Pangkalan Bun, Selasa (18/9). (Joy/Rahmi)

MMC KOBAR - Kegiatan pendidikan dan pelatihan peningkatan mutu pendidikan melalui musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) SMP/MTs pada 18 September 2019 di Gedung PGRI Kecamatan Arut Selatan dimaksudkan untuk menambah pengetahuan dan wawasan serta memperdalam kemampuan teknis menyampaikan proses pembelajaran kepada peserta didik, baik pada persiapan pembelajaran maupun dalam metode  pembelajaran. Ini dilakukan agar guru mata pelajaran dapat menjaga dan meningkatkan profesionalisme dalam melaksanakan tugas membina, membimbing dan mendidik.

Sasaran MGMP ini adalah guru mata pelajaran SMP/MTs se-Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dengan perwakilan dari sekolah dan madrasah yang ditentukan berdasarkan kuota peserta sebanyak 116 guru mata pejaran yang berbeda dari semua mata pelajaran.

(Baca Juga : Pemkab Kobar Kaji Tiru Pembentukan dan Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik ke Kota Bogor)

Kegiatan ini menekankan arti pentingnya peran sekolah dan Dinas Dikbud. Sekolah berperan dalam penerapan ilmu pengetahuan baik melalui  diklat, bimtek dan dalam bentuk kegiatan lainnya, disamping itu guru harus selalu  mengembangkan kreatifitas dan inovasi anak didiknya. Sedangkan Dinas Dikbud memfasilitasi peningkatan kompetensi dengan merencanakan program tersebut melalui anggaran daerah.

Kepala Dinas Dikbud Kobar Rosihan Pribadi, diakhir kegiatan mengharapkan kepada peserta MGMP agar dapat menginformasikan hasil kegiatan ke kepala sekolah masing-masing, serta mengimplementasikannya pada proses pembelajaran, baik persiapan mengajar, metode mengajar, penilaian terhadap peserta didik, dan evaluasi pada setiap berakhirnya proses pembelajaran. (Joy/Rahmi)