KPU Kobar Tetapkan DPT Pemilu 2024 Sebanyak 200.520 Orang

MMC Kobar – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) secara resmi menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 Tingkat Kabupaten sebanyak 200.520 orang. Rekapitulasi & Penetapan DPT tersebut disampaikan dalam Rapat Pleno Terbuka di Hotel Brits Pangkalan Bun, Rabu (21/6).

Anggota KPU Kobar Divisi Rendatin KPU Kobar Pudji Suharyanti menjelaskan, jumlah DPT Pemilu 2024 Kabupaten Kobar sebanyak 200.520 orang. Dari jumlah tersebut, pemilih Laki-laki sebanyak 103.070 orang dan pemilih perempuan sebanyak 97.450 orang. 

(Baca Juga : Kerjasama dengan Satlantas Polres Kobar, DPK Gelar Story Telling)

“Perolehan data tersebut telah melalui proses yang panjang, mulai pencoklitan, penetapan DPS, masukan/tanggapan masyarakat, penghapusan data TMS, analisis kegandaan, DPSHP, DPSHP akhir, sinkronisasi data KPU Kalteng serta melalui hasil uji petik data dari Bawaslu Kobar,” jelas Pudji.

"Alhamdulillah, telah kita tindaklanjuti semua, DPT Pemilu 2019 itu di angka 179.055 orang, sekarang DPT Pemilu 2024 di angka 200.520. Ada peningkatan jumlah pemilih sebanyak 21.465 orang," sambungnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kobar Chaidir menjelaskan, DPT tersebut nantinya menjadi patokan dalam keputusan-keputusan logistik, seperti pendirian TPS, kelengkapan TPS, penyediaan surat suara dan sebagainya. Logistik ketersediaan menurut aturan yang berlaku ditambah 2 persen dari jumlah DPT sebagai surat suara cadangan apabila ada yang rusak atau pemilih salah coblos bisa meminta ganti surat suara.

“Penetapan DPT ini sudah tidak bisa diubah kembali. Sebab, penetapan ini sudah keputusan final,” tegas Chaidir. 

“KPU Kobar jauh hari telah mengimbau dan mensosialisasikan kepada parpol serta masyarakat luas agar melapor serta dapat mencek melalui cekdptonline.kpu.go.id atau bisa datang ke PPS/PPK setempat jika ditemukan masyarakat belum terdaftar sebelum penetapan DPT ini,” tambah Chaidir.

Dalam Rapat Pleno ini turut hadir dari Bawaslu Kobar, Polres Kobar, Kodim 1014 Pangkalan Bun, Kejaksaan Negeri Pangkalan Bun, Disdukcapil Kobar, Bakesbang Kobar, Diskominfo Kobar, DPMD Kobar, Lapas Kelas II Pangkalan Bun, Satpol PP Kobar, PWI Kobar, Tapem dan Otda Setda Kobar, Perwakilan dari PT. CBI Group, Perwakilan PT Wana Sawit Subur Lestari dan perwakilan 18 partai politik. (kpu kobar)