DKP Kobar Salurkan Panen OPAL ke Posko Relawan Bersatu

Kepala DKP Kobar Ir. Kris Budi Hastuti saat menyerahkan bantuan PSAT kepada Posko Relawan Bersatu Kelurahan Raja Seberang, Kamis (23/4).

MMC Kobar- Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kotawaringin Barat (Kobar) Ir. Kris Budi Hastuti kembali melakukan kegiatan pemanenan OPAL (Obor Pangan Lestari) dengan berbagai hasil panen Pangan Segar Asal  Tumbuhan (PSAT) didampingi oleh Sekretaris dan Kepala Bidang serta Aparatur Sipil Negara (ASN) DKP Kobar, Kamis (23/4).

Hasil panen OPAL kali ini akan disalurkan ke Posko Relawan Bersatu dalam rangka membantu Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kobar yang berada di Kelurahan Raja Seberang dalam hal ketersediaan sumber PSAT, dengan berbagai macam komoditas PSAT seperti sawi hijau, sawi putih, terong, tomat dan cabe.

(Baca Juga : Dinas Pariwisata Adakan Apresiasi Kuliner Kotawaringin Barat Tahun 2022)

Di sela-sela penyerahan PSAT ke Posko Relawan Bersatu Kepala DKP Kobar mengatakan bahwa OPAL yang dikelola oleh DKP Kobar pada saat wabah Covid-19 sekarang ini ternyata sangat membantu dan bermanfaat dalam rangka pemenuhan gizi masyarakat.

“Di masa wabah Covid-19 sekarang ini DKP kobar dengan OPALnya akan selalu siap menyuplai PSAT sebagai wujud dan tanggung jawab kebijakan Pemerintah membantu kebutuhan akan sumber pangan yang bergizi dan nutrisi yang seimbang,” ujar Kris.

OPAL yang dikelola di halaman DKP Kobar adalah sebagai sarana percontohan untuk masyarakat dalam pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi akan tetapi juga sebagai upaya penganekaragaman pangan dalam rangka pemenuhan gizi masyarakat khususnya para petugas yang tergabung dalam Gugus Tugas Covid-19 dan tenaga medis. (dkp Kobar)