DKP Kobar Gelar Pasar Pangan Murah di Desa Sulung dan Desa Kenambui

Kepala DKP Kobar Ir. Kris Budi Hastuti dan Tim Pasar Pangan Murah mengecek sembako sebelum disalurkan, Rabu (22/4).

MMC Kobar - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar Pasar Pangan Murah di Desa Sulung dan Desa Kenambui Kecamatan Arut Selatan (Arsel) pada Rabu (22/4).

Pasar Pangan Murah ini digelar untuk mengantisipasi dan menstabilkan lonjakan harga bahan pangan pada bulan Ramadan dan jelang Hari Raya Idul Fitri serta dampak dari wabah Covid-19, terutama di wilayah yang memiliki rantai distribusi panjang, akses jauh dan infrastruktur yang belum memadai.

(Baca Juga : Tingkatkan Kapasitas Pengelola BUMDes, DPMD Kobar Gelar Pelatihan SIAKEU)

Mekanisme pasar pangan murah diawali dengan pendataan oleh tim di Desa Sulung dan Desa Kenambui beberapa hari sebelumnya. Pemesanan kebutuhan pangan dihitung jumlah dan banyaknya pesanan, alamat pemesan yang nanti akan ditindaklanjuti oleh tim Pasar Pangan Murah DKP Kobar dengan mengantar pesanan dari rumah ke rumah (door to door). Hal ini dilakukan untuk mengikuti himbauan pemerintah terkait social/physical distancing di musim wabah Covid-19 sekarang ini.

Penyediaan bahan pokok Pasar Pangan Murah ini merupakan hasil kerjasama DKP Kobar dengan Bulog Pangkalan Bun, dengan jumlah bahan pokok yang disalurkan dan dijual antara lain beras 1,16 ton, gula 395 kg, tepung 98 kg dan minyak goreng 289 liter.

Dalam kesempatan ini Kepala DKP Kobar Ir. Kris Budi Hastuti disela-sela persiapan menyatakan bahwa kegiatan pasar pangan murah yang diinisiasi oleh DKP Kobar merupakan implementasi dari Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 14 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Pasar Pangan Murah.

“Pasar Pangan Murah ini merupakan kegiatan yang sudah dianggarkan tiap tahunnya dan dilaksanakan menjelang hari besar keagamaan seperti Idul Fitri dan hari besar keagamaan lainnya dengan menyediakan bahan pokok pangan dengan harga yang terjangkau terutama mengatasi lonjakan harga, apalagi di saat wabah Covid-19 ini. Kami berharap kegiatan ini menjadi salah satu kontribusi DKP dalam membangun Ketahanan Pangan di Kobar,” pungkasnya. (dkp Kobar)