Terima Kunjungan Kerja Anggota  DPD RI, Dinas TPHP Kobar Dampingi Tinjau Lokasi Pertanaman Hortikultura

Anggota DPD RI Hj Yustina saat meninjau lokasi pertanaman hortikultura di Desa Kumpai Batu Atas, Selasa (10/3).

MMC Kobar - Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menerima kunjungan kerja anggota DPD RI beserta staf pada Selasa (10/03). Rombongan yang dipimpin oleh Hj Yustina Iskandar ini disambut oleh kepala dinas, sekretaris dan kepala bidang di ruang kerja kepala dinas.

Kunjungan kerja anggota DPD RI yang dilakukan dalam masa reses ini selain memaparkan program kerja sekaligus juga untuk mendengar aspirasi langsung dari masyarakat terutama sektor pertanian di Kabupaten Kobar.

(Baca Juga : Seluruh Karyawan RSSI Pangkalan Bun Ikuti Sosialisasi Identitas Kependudukan Digital)

Setelah diterima oleh kepala dinas, rombongan didampingi bidang hortikultura Dinas TPHP menuju lokasi pertanaman hortikultura. Lokasi yang menjadi tujuan kunjungan yaitu Desa Kumpai Batu Atas, pada kelompok tani Sumber Rejeki dan Tunas Baru.

Dikelompok tani ini sudah dilakukan penanaman berbagai komoditas hortikultura dibawah bimbingan Dinas TPHP, diantaranya melon, cabai, tomat dan lain-lain di lahan seluas 8 Ha. Rombongan disambut oleh kelompok tani yang sedang melakukan aktifitas memanen serta membersihkan pertanaman mereka.

"Kami merasa bangga, ternyata petani kita khususnya petani hortikultura bisa mengembangkan komoditas ini dengan baik. Kami harap pengembangan ini terus berkelanjutan, generasi muda harus tumbuh agar dapat mengembangkan pertanian hortikultura di Kotawaringin Barat. Dan juga terimakasih kepada dinas terkait bisa mengendalikan harga komoditas cabai dan bawang merah yang sempat melambung tinggi dipasaran kemarin,”ungkap Hj Yustina.

Ketua Kelompok Tani Tunas Baru, Riyanto menyampaikan rasa senangnya mendapat kunjungan dari anggota DPD RI. 

“Kami sangat senang dikunjungi ibu anggota DPD RI beserta rombongan. Dengan pengawasan dan bimbingan dari Dinas TPHP kami bisa bertani dengan hasil yang memuaskan, bahkan akhir januari kemarin kami bisa mengirim buah semangka hasil tanaman kami ke pulau jawa,” kata Riyanto.

Setelah mengunjungi lahan pertanian bawang merah, cabe dan semangka, rombongan mengakhiri rangkaian kunjungannya hari itu di kebun jeruk chokun milik Wayan Supadno di Kumpai Batu Atas.

Kepala Dinas TPHP yang diwakili Kepala Bidang Hortikultura, Endro Budi Utomo saat ditemui secara terpisah menyampaikan apresiasi terhadap kunjungan anggota DPD RI yang diharapkan dapat menampung aspirasi langsung dari petani di wilayah Kobar sehingga semangat dalam mengelola lahan pertanian khususnya untuk komoditas tanaman hortikultura dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani dapat terwujud.

“Bahwa keberhasilan pertanian hortikultura ini diharap dapat menumbuhkan generasi muda yang lebih produktif. Kami dari dinas akan lebih meningkatkan pembinaan pada petani hortikultura di Kabupaten Kotawaringin Barat agar terus berlanjut, bisa mencukupi kebutuhan disini sehingga harapan kita  kedepan tidak terlalu bergantung pasokan dari Pulau Jawa lagi,” tutur Endro. (dtphp kobar)