Sebanyak 302 Kafilah Ikuti MTQ ke-52 Tingkat Kabupaten Kobar

Sebanyak 302 orang Kafilah dari 6 kecamatan menghadiri pembukaan MTQ ke-52 Tingkat Kabupaten Kotawaringin Barat pada Senin (28/3) di Gedung Serbaguna Antakusuma Pangkalan Bun Park.

MMC Kobar – Kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) merupakan event religius yang telah membudaya di tanah air. MTQ juga menjadi pendorong bagi generasi muda islam untuk lebih giat mempelajari, memahami dan mencintai Al Qur’an sebagai petunjuk hidup yang mengeluarkan umat manusia dari kegelapan dan kemusyrikan kepada cahaya tauhid dan peradabah yang mulia.

Sebanyak 302 orang kafilah dari 6 Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengikuti MTQ ke-52 Tingkat Kabupaten Tahun 2022 dengan peserta berjumlah 186 orang dan 116 orang pendamping. Dengan rincian kafilah yang berasal dari Kecamatan Arut Selatan berjumlah 73 orang, Kecamatan Kumai berjumlah 53 orang, Kecamatan Kotawaringin Lama berjumlah 30 orang, Kecamatan Arut Utara berjumlah 51 orang, Kecamatan Pangkalan Lada berjumlah 52 orang dan Kecamatan Pangkalan Banteng berjumlah 43 orang.

(Baca Juga : Penyuluh Pertanian Dinas TPHP Kobar Jadi Tim Penguji Ekstern SMKN 1 Pangkalan Banteng)

Bertempat di Gedung Serbaguna Antakusuma, hadir meresmikan pembukaan MTQ, Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah, Forkompimda, camat se-Kabupaten Kobar, Kepala Kemenag Kobar, Wakil Ketua MUI Kobar, Ketua LPTQ Kobar, Ketua LPTQ Kecamatan se-Kabupaten Kobar, Ketua Kontingen dan peserta MTQ, para alim ulama, tokoh agama dan tokoh masyarakat, Senin (28/3).

Ketua Tim Kerja Persiapan MTQ sekaligus Wakil Ketua 2 LPTQ Kobar, Dardiansyah berharap terselenggaranya event MTQ ini juga adanya pembinaan untuk Qari Qariah dan Hafiz Hafizah baik secara mandiri maupun mendapat binaan dari LPTQ sehingga dapat mendorong semangat mereka untuk berlatih lebih baik lagi.

“Atas nama pemerintah, saya berharap agar kegiatan ini dapat mendorong syiar islam, meingkatkan keimanan dan ketakwaan, peningkatan mutu kualitas untuk bertanding sampai tingkat Provinsi bahkan Nasional,” ungkap Dardiansyah yang juga selaku Kabag Kesra Setda Kobar.

“Semoga melalui event ini dapat memotivasi masyarakat Kobar untuk memahami agama maupun seni baca Al Qur’an,” lanjut Dardiansyah.

Sementara itu, Rody Iskandar selaku Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) menyampaikan bahwa kegiatan ini mengambil konsep praktis, efisien, efektif dan berkualitas. “MTQ ke-52 kali ini digelar secara sederhana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujar Rody.

Rody mengatakan, keterbatasan Dewan Hakim yang tersedia sementara cabang dan golongan yang dilombakan cukup banyak, kiranya dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya dan memberikan nilai yang seadil-adilnya.

“Peserta terbaik dari MTQ ke-52 Tingkat Kabupaten Kobar ini nanti akan menjadi Duta Kabupaten Kobar pada MTQ XXX dan Musabaqah al-Hadist I Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2022 yang akan digelar pada tanggal 25 Juni s/d 1 Juli 2022 di Kota Palangka Raya”, ungkap Rody.

“Semoga peserta asal Kabupaten Kotawaringin Barat dapat melanjutkan dan berprestasi pada MTQ XXIX Tingkat Nasional di Kalimantan Selatan tanggal 10-19 Oktober 2022,” ucap Rody mengakhiri sambutannya. (Dsy/diskominfo kobar)