Refleksi Hari Pahlawan, Teladan dari Para Pahlawan sebagai Spirit dalam Membangun Daerah

Kepala Badan Kesbangpol Kobar, Edie Faganti saat memberikan materi terkait Rencana Aksi Daerah P4GN Kabupaten Kotawaringin Barat pada kegiatan yang diselenggarakan oleh BNN Kab. Kotawaringin Barat baru-baru ini.

MMC Kobar - Pada Kamis (10/11) pagi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 di Halaman Kantor Bupati. Upacara dipimpin oleh Plt Sekda Juni Gultom serta dihadiri unsur Forkopimda Kobar, kepala OPD, camat, TNI, Polri, ASN serta para pelajar dan mahasiswa.

Usai mengikuti upacara, Kepala Badan Kesbangpol Kobar Edie Faganti menyampaikan jika tema Hari Pahlawan tahun 2022 adalah “Pahlawanku Teladanku”.

(Baca Juga : Dinas PMPTSP Kobar Selenggarakan Sosialisasi Implementasi Pengawasan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko)

Edie menuturkan, sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam mengisi kemerdekaan, tekad dan semangat juang serta keyakinan para pahlawan kemerdekaan Indonesia dalam mengakhiri kolonialisme harus bisa menginspirasi gerak langkah pembangunan di daerah kotawaringin Barat ini. Termasuk membebaskan diri dari kemiskinan, keterbelakangan dan ketertinggalan dalam arti luas.

“Peringatan hari pahlawan kita harus mampu menggali apinya, bukan abunya, dengan meminjam ungkapan Bung Karno. Semangat pahlawan itu adalah semangat rela berjuang, berjuang mati-matian dengan penuh idealisme dengan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi atau golongan”, ujar Edie.

Lebih lanjut Edie mengatakan, tema “Pahlawanku Teladanku” pada peringatan Hari Pahlawan kali ini bermakna teladan dari para pahlawan bangsa yang telah merasuk sukma. Kiranya hal ini dapat menjadi semangat untuk bersama-sama saling bahu membahu yang dilandasi oleh makna dan nilai integritas, etos kerja dan gotong royong untuk menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa pemenang dan mampu bersaing dengan Bangsa dan Negara lain.

“Teladan dari para Pahlawan sebagai spirit dalam bangun daerah salah satunya adalah dengan membangun identitas persaudaraan sebangsa dan setanah air serta semangat gotong royong, persatuan dan kesatuan yang harus terus digelorakan. Walaupun berbeda suku dan agama, namun karena perbedaan itulah yang memperkaya dan memperkuat bangsa Indonesia dengan slogannya Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda namun tetap satu jua,” tegas Edie.

Melalui momentum Hari Pahlawan yang ke 77 ini, Edie mengajak seluruh masyarakat bahu membahu dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggungjawab serta penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan untuk bersama-sama memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai kemampuan dan profesi kita masing-masing.

Selanjutnya, Kepala Badan Kesbangpol Edie Faganti mendampingi Plt Sekda bersama unsur Forkopimda Kobar serta tamu undangan menuju Taman Makam Pahlawan untuk melaksanakan prosesi tabur bunga. (humas badan kesbangpol)