Pj Bupati Budi Santosa Serahkan Penghargaan TABBE Award pada Insan Penggerak Pertanian Tahun 2023

Kepala Dinas Pertanian, Kris Budi Hastuti menyerahkan piala Kobar sebagai Juara Umum pada PEDA di Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah kepada Pj. Bupati, Budi Santosa

MMC Kobar - Pj Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Budi Santosa menyerahkan penghargaan Tani Baik dan Berkah (TABBE) Award, Rabu (13/12). Penghargaan ini merupakan apresiasi kepada pegawai dan masyarakat yang dipandang telah berkontribusi baik terhadap pembangunan pertanian di Kabupaten Kobar. 

Kegiatan yang digelar di halaman kantor Dinas Pertanian dihadiri oleh Ketua Komisi B DPRD, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kobar, peserta kontingen Kobar pada Pekan Daerah Petani Nelayan Provinsi XIII Kalimantan Tengah di Sukamara, penerima penghargaan TABBE Award Dinas Pertanian Tahun 2023, para pejabat dinas pertanian yang telah memasuki purna tugas pada tahun 2023 dan pegawai di lingkungan Dinas Pertanian.

(Baca Juga : Komitmen Berantas Narkoba, Lapas Pangkalan Bun Koordinasi dengan BNNK Kobar)

Dalam sambutannya Pj Bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Pertanian Kobar yang telah berhasil membawa nama baik Kobar pada  even even tingkat propinsi maupun tingkat nasional.

TABBE Award yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian merupakan bentuk apresiasi pemerintah kepada insan penggerak pertanian di Kobar kegiatan ini digelar bersamaan dengan pelepasan pegawai purna tugas pada Dinas Pertanian yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya.

Pj. Bupati Kobar, Budi Santosa berfoto bersama penerima penghargaan TABBE Award Tahun 2023

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Dinas Pertanian yang telah berhasil membawa nama Kobar pada berbagai even baik itu di tingkat Provinsi maupun nasional. Juga ucapan selamat kepada bapak ibu petani, gapoktan, penyuluh yang telah mendapatkan penghargaan pada tabbe award tahun 2023,” ucap Budi Santosa. 

“Selamat juga kepada kelompok tani yang telah meningkat kelas kemampuan kelompok taninya dan selamat kepada para pemenang lomba pada acara PENAS maupun PEDA yang telah menyumbangkan prestasi untuk Kabupaten Kotawaringin Barat,” imbuhnya.

Lebih lanjut Pj Bupati juga berpesan kepada para pemenang penghargaan TABBE award agar terus berkomitmen dalam pembangunan pertanian di Kobar. 

“Dalam kesempatan ini juga saya berpesan kepada para pemenang TABBE Award, bahwa penghargaan yang bapak ibu terima hari ini merupakan tanggungj awab bapak ibu untuk terus berkomitmen dalam pembangunan pertanian di Kobar, tingkatkan terus kinerja bapak ibu masing masing dalam berkontribusi dalam pembangunan pertanian,” ujar Pj Bupati.

Kepala Dinas Pertanian, Kris Budi Hastuti menyampaikan bahwa TABBE Award ini merupakan amanat Peraturan Kepala Badan BPPSDMP Nomor : 25/kpts/sm.060/i/02/18 tanggal 8 Februari 2018 tentang Pedoman Penilaian Kelas Kelompok Tani, yang sudah rutin dilakukan penilaian yang hasilnya akan diusulkan ke propinsi untuk diadakan penilaian sebagai bahan usulan ke kementerian pertanian ri untuk mendapatkan penghargaan nasional. 

“Seperti  yang telah kita terima pada tahun ini bahwa BPP Pangkalan Banteng menjadi BPP terbaik I Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah dan penyuluh pertanian kita. Luluk Khoiriah mendapat juara III Penyuluh Teladan Tingkat Propinsi Kalimantan Tengah dan Gapoktan Sumber Makmur Desa Pangkalan Satu Kecamatan Kumai menjadi juara II Gapoktan berprestasi Tingkat Propinsi Kalimantan Tengah, yang penghargaannya diserahkan pada saat peda di Sukamara,” terang Kris. 

Kris juga menjelaskan bahwa dengan dicanangkannya Indonesia sebagai lumbung pangan Dunia Tahun 2045 sehingga sangat urgent apabila Dinas Pertanian mengharapkan penambahan tenaga penyuluh pertanian dan tenaga teknis bidang pertanian lainnya. 

“Untuk mendukung pembangunan pertanian di Kobar, kami berharap agar Dinas Pertanian dapat diberikan penambahan tenaga penyuluh pertanian dan tenaga teknis pertanian lainnya mengingat sebagian besar pegawai telah memasuki masa purna tugas/pensiun. Seperti pada hari ini akan kita lepas sebanyak sebelas orang tenaga penyuluh dan satu orang petugas pengawas bibit dan benih tanaman,” tutup Kris. (n2k/distankobar)

Pj. Bupati Kobar melepas ASN purna tugas dilingkungan Dinas Pertanian Tahun 2023