Pedet Betina Hasil Aplikasi Embrio Transfer Lahir

MMC Kobar – Peternak binaan dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) di Desa Kumpai Batu Bawah mendapatkan berkah kelahiran anakan sapi/pedet hasil Aplikasi Embrio Transfer. Pedet yang dilahirkan pada tanggal 28 September 2021 berjenis kelamin betina Ras Simental diberi nama Dewi Sinta.

Plt Kepala Dinas PKH Kobar melalui Kepala Bidang Perbibitan dan Produksi Ternak, Risanty selaku ketua Tim Pelaksana Aplikasi Embrio Transfer (TE) Kabupaten, dalam  keterangannya pada Rabu (03/11) mengatakan bahwa pedet tersebut merupakan hasil aplikasi pada tanggal 13 Nopember 2020 dengan petugas TE Kamto Widodo.

(Baca Juga : Indonesia Butuh Lebih Banyak Perempuan-Perempuan Pengusaha)

“Pejantan donor adalah Jantan Simental kode PHS Polled Worldwide 14 W dan induk betina donor adalah kode 613119/Nawang Wulan. Sedangkan indukan resipien sapi betina Simental milik pak Munib Desa Kumpai Batu Bawah,” terang Risanty.

Ditambahkan Risanty, program ini merupakan hasil pelaksanaan kegiatan aplikasi program tahun 2020. Petani atas nama Munib tersebut sebelumya juga telah mendapatkan pedet hasil Tranfer Embrio (TE) berjenis kelamin jantan Simental umur 14 bulan dari induk yang sama.

“Kegiatan lapangan pelaksanaan aplikasi embrio transfer yang di Kabupaten Kotawaringin Barat pada tahun 2021 telah dilakukan sebanyak 21 kegiatan. Tenaga ahli embrio transfer yang dimiliki dinas sebanyak 5 orang dengan keahlian embrio transfer trampil,” imbuhnya.

Di kesempatan berbeda, Plt Kepala Dinas PKH Kobar, M.Rosihan Pribadi menyampaikan bahwa kegiatan aplikasi embrio transfer merupakan salah satu kegiatan unggulan DPKH dalam rangka meningkatkan kualitas genetik ternak sapi yang dipelihara peternak. “Disamping mendapatkan bibit ternak unggul harga jual ternak hasil TE juga sangat tinggi karena biasanya dijadikan pejantan di balai-balai inseminasi buatan,” ujar Rosihan. (dpkh kobar)