Kasatpol PP dan Damkar Ingatkan Bahaya Kebakaran Saat Perayaan Nataru

Kasatpol PP dan Damkar Kobar, Majerum Purni, SH.

MMC Kobar - Satuan Polisi Pamong Praja Dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kobar untuk mewaspadai bahaya kebakaran menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

Hal ini diungkapkan Kepala Satuan Polisi Pamong Paja dan Pemadam kebakaran Kobar, Majerum Purni, Selasa (24/12).

(Baca Juga : Peringati Hari Anak Nasional, DWP RSSI Bagikan Bingkisan untuk Pasien Anak)

"Menjelang hari besar keagamaan, aktifitas rumah tangga cenderung meningkat dibandingkan hari-hari biasanya," kata Majerum.

“Oleh karena itu masyarakat dihimbau agar dapat meningkatkan kewaspadaan akan bahaya kebakaran dengan cara mengontrol kompor setelah digunakan dan mematikan alat elektronik apabila sudah tidak dipergunakan.Karena pemicu kebakaran bisa diakibatkan karena pemilik rumah terutama kalangan ibu ibu rumah tangga yang lupa mengontrol kompor setelah memasak,” tuturnya.

Disamping itu juga, penggunaan alat elektronik rumah tangga juga memiliki resiko tinggi terhadap kebakaran, karena kebanyakan peristiwa kebakaran terjadi berawal dari arus pendek listrik.

Ia juga mengingatkan seluruh masyarakat agar berhati-hati dalam menyalakan kembang api  pada saat perayaan malam pergantian Tahun Baru, karena dikhawatirkan bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kebakaran.

“Selain itu, seperti tahun-tahun yang telah lalu, kami menyiagakan personel dan unit mobil pemadam kebakaran di beberapa titik pusat keramaian pada saat malam pergantian tahun dalam upaya untuk mengantisipasi atau mencegah kebakaran jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran,” lanjutnya.

"Kami memiliki 9 unit Mobil Pemadam Kebakaran, ditambah 2 unit mobil pemandu jenis pick-up, sedangkan untuk jumlah personil sebanyak 33 orang," pungkas Majerum. (satpol pp_damkar kobar)