Groundbreaking Infrastruktur Jalan Menuju Desa Sebuai, Wujud Sinergi Pemerintah Daerah, Kecamatan, Desa dan Pelaku Usaha

Bupati Kobar Hj Nurhidayah, Camat Arsel Muhammad Ramlan, Babinsa, Kades KBA (Sarianto), Kades Pasir Panjang (Tamel O) serta pelaku usaha di sekitar lintasan jalan yang akan dibangun usai Kegiatan Groundbreaking Infrastruktur Jalan Menuju Desa Sebuai, Selasa (1/9).

MMC Kobar - Keberadaan infrastruktur jalan sangat penting sebagai penggerak roda perekonomian. Pertumbuhan ekonomi dan pembangunan tidak akan tercapai tanpa didukung ketersediaan infrastruktur jalan yang layak. Dengan adanya infrastruktur jalan yang layak memudahkan akses masyarakat. Untuk itu, sinergi dan koordinasi terkait percepatan pembangunan jalan diharapkan segera terwujud.

Namun di tengah pandemi Covid-19 beberapa pembangunan infrastruktur terkendala dilaksanakan. Untuk mengatasi kendala tersebut diperlukan kerjasama dari berbagai pihak dalam rangka mewujudkan infrastruktur jalan yang layak.

(Baca Juga : Dinsos Kobar Salurkan 400 Paket Bansos Atensi untuk Lansia)

Sesuai hasil kesepakatan Rapat Koordinasi pembukaan jalan yang dilaksanakan pada beberapa waktu lalu (baca : Rapat Koordinasi Pembukaan Jalan Menuju Desa Sebuai, Pemerintah Kecamatan Arsel Undang Dinas PUPR Kobar) telah disepakati bersama bahwa rencana pembukaan jalan menuju Desa Sebuai tersebut diperlukan kerjasama antara pemerintah dan melibatkan partisipasi pihak swasta dan pelaku usaha.

Sebagai tindak lanjut dari hasil rapat koordinasi pembukaan jalan tersebut, Groundbreaking infrastruktur jalan menuju Desa Sebuai melaui Desa Pasir Panjang dan Desa Kumpai Batu Atas akhirnya terlaksana pada Selasa (1/9).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Rumah Makan Kebun Sari Desa Kumpai Batu Atas yang dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Kobar dan instansi terkait. Ground breaking pembiayaan infrastruktur jalan antar desa ini merupakan inovasi pembiayaan di tengah pandemi Covid1-19 yang juga dikoordinir oleh Dinas PUPR Kabupaten Kobar.

Camat Arsel Muhammad Ramlan yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan ungkapan syukur dengan dibukanya lintasan jalan yang melibatkan kerjasama Pemerintah Daerah, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa dan para pelaku usaha. Berkat kerjasama dari berbagai pihak akhirnya terlaksana pembangunan infrastruktur jalan antar desa yang pembiayaanya mengurangi beban pemerintah di tengah masa pandemi Covid 19. Harapannya nantinya juga akan dilaksanakan kegiatan serupa di lokasi lain yang menghubungkan antar desa sehingga masyarakat merasakan kemudahan akses perjalanan.

“Alhamdulillah kegiatan yang melibatkan partisipasi dari para pelaku usaha di lintasan jalan ini maka pelaksanaan pembangunan di masa pandemi Covid-19 bisa berjalan dengan sukses dan lancar dan dengan kebersamaan serta kegotongroyongan yg terjalin antara Pemerintah Daerah, Pemerintah Kecamatan, pemerintah Desa dan para pelaku usaha maka beban berat Pemerintah di masa pendemi ini akan menjadi ringan,” ucap Ramlan.

Diharapkan kedepannya, lanjut Ramlan, kegiatan seperti ini juga dilaksanakan di lokasi-lokasi yg lain lagi yg menghubungkan antar Desa, sehingga masyarakat akan betul - betul merasakan kemudahan dalam menempuh perjalanan antar Desa.

“Diharapkan pula dengan dibangunnya jalan pintas tersebut selain memudahkan transportasi antar desa juga mampu mendongkrak perekonomian di sekitar daerah yang dilalui jalan tersebut nantinyakarena di dekat lokasi dibukanya jalan merupakan area yang akan menjadi Bandara internasional,” pungkasnya. (kec-arsel)