FKUB Provinsi Kalteng Gelar Rakorda FKUB se-Kalteng

MMC Kobar – Kepala Badan (Kaban) Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menghadiri undangan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun 2020. Rakorda ini digelar oleh FKUB Provinsi Provinsi Kalteng di Aula Jayang Tingang lantai II Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (29/09).

Rakorda dibuka oleh Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya, serta diikuti oleh Sekretaris Daerah Fahrizal Fitri, Danrem 102/ Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, sejumlah Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalteng, Kaban Kesbangpol se-Kalteng, Kepala Kantor Kementrian Agama Se-kalteng dan Ketua FKUB Se-kalteng.

(Baca Juga : DPD Organda Kalteng Lantik Pengurus DPC Organda Angsus Pelabuhan Kumai)

Kegiatan kali ini mengusung Tema “Bangun Harmoni Perkuat Kerukunan di Bumi Tambun Bungai Kalimantan Tengah”. FKUB merupakan sebuah wadah yang dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi pemerintah dalam rangka membangun dan memelihara serta memberdayakan umat beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan bagi seluruh pemeluk agama di Indonesia khususnya di Bumi Tambun Bungai Kalteng.

Plt Gubernur Kalteng mengimbau para peserta agar dalam mengikuti Rakorda FKUB ini dapat mengungkapkan kekuatan dan kelemahan yang diperoleh dalam melaksanakan program dan kegiatan Tahun 2020 sekaligus memberikan solusi perbaikan serta memberikan kontribusi dalam pembangunan bagi kepentingan bangsa dan negara pada umumnya serta masyarakat Kalteng pada khususnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Kobar, Marwoto menuturkan bahwa dalam upaya mendukung peran dan fungsi FKUB, melalui kegiatan ini diharapkan Pemerintah Provinsi dan kabupaten/kota dapat mengoptimalkan implementasi regulasi, yaitu dengan meningkatkan dukungan anggaran secara signifikan kepada FKUB dengan mempertimbangkan faktor luas wilayah potensi masalah, heterogeritas penduduk dan kemampuan serta potensi keuangan daerah.

“Kegiatan ini sekaligus mampu mencari solusi dalam menyelesaikan berbagai permasalahan baik yang terjadi saat ini maupun permasalahan yang akan dihadapi dalam menyikapi dan menjelang penyelenggaraan pemilihan kepala daerah tahun 2020 mendatang,” ungkap Marwoto.

Selain dilaksanakan secara tatap muka di Aula Jayang Tingang lantai II Kantor Gubernur Kalteng, kegiatan juga dilaksanakan secara virtual melalui video conference dan diikuti oleh Wakil Bupati se-Kalteng, Kabag Kesra Setda se-Kalteng, Kasi Hukum dan KUB pada Kantor Kementrian Agama se-Kalteng serta sekretaris FKUB se-Kalteng. (kesbangpol kobar)