Rencana Pembentukan Koperasi Sekunder, Disperindagkop UKM Undang Beberapa Koperasi di Kobar

Kepala Dinas Perindagkop UKM Kobar, Alfan Khusnaini memimpin pertemuan rencana pembentukan Koperasi Sekunder dengan beberapa Koperasi di Kobar, Kamis (16/09/2021)

MMC Kobar - Kamis (16/09), Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi UKM (Disperindagkop UKM) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengadakan pertemuan rencana pembentukan Koperasi Sekunder di Rumah Makan Nasi Tiwul Desa Purbasari. Dalam pertemuan ini turut diundang beberapa koperasi yang ada di kobar yaitu Koperasi Tani Bahagia, Koperasi Tani Subur, Koperasi Gotong Royong, Koperasi Karya Utama, Koperasi Tunggal Jaya dan Koperasi Karya Tani.

Alfan Khusnaini selaku kepala Disperindagkop UKM Kobar mengatakan rencana pembentukan koperasi sekunder ini didasarkan pada hasil tindak lanjut pertemuan pada saat diadakannya pertemuan melalui zoom meeting dengan Kementerian Koperasi dan UKM dan Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB).

(Baca Juga : Rakor Pemantapan UNBK Jenjang SMP/ MTs Tahun Pelajaran 2019/2020)

Selain membicarakan masalah pembentukan koperasi sekunder, pada pertemuan ini juga membahas tentang peluang untuk pembangunan pabrik kepala sawit.

Semetara itu, Sutiyana perwakilan dari Koperasi Tani Subur mengatakan bahwa koperasinya mempunyai kebun seluas 7.300 Ha sehingga akan sangat mampu untuk menghasilkan TBS dan CPO sebesar 20% untuk memenuhi kapasitas pabrik serta telah melakukan replanting sehingga nantinya akan mendapatkan kualitas TBS yang lebih baik.

“Untuk mewujudukan hal tersebut perlu adanya langkah kongkrit serta menyampaikan kepada semua pengurus, pengawas serta anggota dari koperasi tentang persetujuan pembentukan koperasi sekunder dalam rangka pembangunan pabrik kelapa sawit dan sudah selesai dalam waktu satu minggu,” kata Alfan. (disperindagkop ukm kobar)