BPKP Provinsi Kalteng lakukan Evaluasi Dana Desa Tahun 2019 di 3 Desa

MMC Kobar - Dinas PMD melalui Bidang Pembangunan dan Pemerintahan Desa pada Senin (20/1) lalu mendampingi Tim BPKP Provinsi melakukan Pengecekan fisik dan pengelolaan Dana Desa Tahun 2019 di Desa Sungai Hijau Kec Pangkalan Banteng, Desa Bumi Harjo Kecamatan Kumai, Desa Purbasari dan Desa Pangkalan Dewa Kecamatan Pangkalan Lada.

Hal ini berdasarkan surat BKPP Perwakilan Provinsi Kalteng Nomor S-68/PW 15/3/2020 tentang Evaluasi atas Penyaluran dana Penggunaan Dana Desa Tahun 2019 dan sisa Dana Desa Tahun 2018 sampai dengan akhir triwulan IV Tahun 2019 pada Kabupaten Kobar.

(Baca Juga : Infrastruktur Digital Topang Percepatan Masuki Industri 4.0)

Tim BKPP Provinsi Kalteng melakukan pengecekan SPJ dan berkas pendukung terkait pekerjaan di Tahun 2019 dan peninjauan lapangan untuk pekerjaan yang dianggap besar dan memiliki tingkat resiko tinggi dengan didampingi oleh TPK Tahun 2019.

Diharapkan kedepannya, pemerintah daerah dapat memberikan dukungan berupa bimbingan teknis untuk tim Evalausi Kecamatan sebelum melaksanakan evaluasi APBDesa, berkoordinasi dengan Satker Dinas PMD Provinsi Kalteng terkait peningkatan Kapasitas Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa serta melaksanakan monitoring berkala dan berjenjang terkait penganggaran dan penggunaan dana desa. (dpmd kobar)