Pemkab Kobar Ikuti Penilaian Kinerja Pelaksanaan 8 Aksi Konvergensi Penurunan Stunting di Palangka Raya

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo didampingi Kepala Bappedalitbang Kaspinor saat membuka kegiatan Penilaian Kinerja Pelaksanaan 8 Aksi Konvergensi Penurunan Stunting di aula Bappedalitbang Provinsi Kalteng, Rabu (31/5/2023)

MMC Kobar – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengikuti Penilaian Kinerja (PK) Kabupaten/Kota Palaksanaan 8 Aksi Konvergensi Penurunan Stunting yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, Rabu (31/5). Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Bappedalitbang ini dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo.

Kepala Bappedalitbang Provinsi Kalteng selaku Ketua Pelaksana Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kaspinor dalam laporannya menyampaikan, penilaian kinerja ini bertujuan untuk mengukur tingkat kinerja pemerintah daerah kabupaten/kota dalam pelaksanaan delapan aksi konvergensi penurunan stunting di Provinsi Kalteng.

(Baca Juga : Bupati Kobar Ajak Generasi Muda Aktif Dalam Mengisi Pembangunan)

“Kemudian, memastikan akuntabilitas kinerja pemerintah daerah kabupaten/kota dalam pelaksanaan delapan aksi konvergensi penurunan stunting, mengevaluasi kinerja pemerintah daerah kabupaten/kota dalam pelaksanaan delapan aksi konvergensi penurunan stunting, serta mengapresiasi kinerja pemerintah daerah kabupaten/kota dalam pelaksanaan delapan aksi konvergensi penurunan stunting,” papar Kaspinor.

Sementara itu Wagub Edy Pratowo mengatakan, upaya pencegahan stunting membutuhkan keterpaduan penyelenggaraan intervensi gizi dan kelompok sasaran prioritas. “Untuk itu diperlukan keselarasan, perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan, dan pengendalian baik lintas sektor maupun antar pemerintah dan masyarakat,” tutur Wagub.

Wagub Kalteng Edy Pratowo saat mengunjungi stand pameran inovasi stunting Pemkab Kobar.

Kepala Dinas P3AP2KB Agus Basrawiyanta beserta TPPS yang hadir mewakili Pemkab Kobar mengatakan, Kabupaten Kobar telah melaksanakan seluruh tahapan yang ditetapkan pemerintah untuk percepatan penurunan stunting di Kabupaten Kobar.

Alhamdulillah, Kabupaten Kotawaringin Barat telah melaksanakan seluruh tahapan dalam delapan aksi konvergensi penurunan stunting tersebut. Tentunya semuanya itu tidak akan terlaksana tanpa dukungan dan komitmen dari kepala daerah serta seluruh pemangku kebijakan,” kata Agus.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pameran Inovasi Stunting yang juga diikuti oleh seluruh pemerintah kabupaten/kota se-Provinsi Kalteng. Dalam pameran ini, Pemkab Kobar menampilkan seluruh tahap dalam delapan aksi konvergensi percepatan penurunan stunting yang telah dilaksanakan Pemkab Kobar. (fnd/diskominfo kobar)

Kepala Dinas P3AP2KB Kobar Agus Basrawiyanta bersama Tim TPPS Kobar