Bantuan Masker Bagi Masyarakat di Wilayah Kecamatan Arsel

Kegiatan penyerahan masker kain secara simbolis oleh Bupati Kotawaringin Barat bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Arut Selatan pada hari Selasa (05/05).

MMC Kobar - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Gugus Tugas Covid-19 terus berupaya melakukan percepatan penanganan pandemi Covid-19 melalui berbagai upaya secara bersama-sama yang melibatkan berbagai pihak dan elemen masyarakat. Salah satu upaya untuk menekan penyebaran Covid-19 yaitu melalui himbauan kepada masyarakat untuk senantiasa memakai masker.

Bupati Kobar pada Selasa (5/5) siang melaksanakan kegiatan penyaluran masker kain kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Arut Selatan (Arsel) yang bertempat di aula kantor Kecamatan Arsel. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Camat Arsel, Kasi PMD Kecamatan Arsel, lurah dan kepala desa di wilayah Kecamatan Arsel.

(Baca Juga : Hadiri Acara Adat di Sembaga Mas, Pj Bupati Budi Santosa Sampaikan Perhatiannya kepada Kesultanan Kotawaringin)

Pada kegiatan tersebut Bupati Kobar yang didampingi oleh Sekretaris Daerah, Asisten Pemerintahan dan Kesra, BPBD, Bagian Protokol dan Komunikasi menyerahkan masker kain secara simbolis kepada Plt Camat Arut Selatan yang nantinya akan disalurkan kepada masyarakat melalui perangkat Kelurahan dan Desa.

Masker kain yang disalurkan kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Arsel merupakan bantuan dari Provinsi Kalimantan Tengah yang diserahkan oleh Gubernur beberapa waktu lalu. Sebanyak 50 ribu lembar masker akan disalurkan ke 6 Kecamatan di Kabupaten Kobar. Untuk Kecamatan Arsel disalurkan sebanyak 4 ribu lembar.

Selain masker kain bantuan dari Pemerintah Provinsi, Pemkab Kobar melalui dinas terkait telah memproduksi masker kain dari bahan batik khas Kabupaten Kobar yang telah dibagikan kepada masyarakat.

Dalam kesempatan ini Bupati Kobar, Hj Nurhidayah menyampaikan bahwa situasi terkini hingga sore hari ini terdapat penambahan kasus Covid-19. Upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 terus dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh pihak dan melibatkan masyarakat.

“Hingga sore hari ini ada total 29 kasus positif Covid-19 dengan rincian 27 orang dalam perawatan dan 2 orang dinyatakan sembuh. Oleh karena itu saya terus mengajak masyarakat untuk mengikuti himbauan dan arahan dari Pemerintah, salah satu nya dengan memakai masker. Hal ini merupakan bagian upaya kita untuk menekan penyebaran Covid-19 agar tidak semakin meluas,” kata Hj Nurhidayah.

Pada kesempatan itu pula, Plt Camat Arsel, H Syahruddin menyampaikan apresiasi terhadap Pemkab Kobar yang telah menyalurkan bantuan masker kain kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Arsel. Dan berharap agar dilakukan penyemprotan disinfektan di kantor desa serta tes Swab bagi perangkat desa.

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Kobar atas bantuan masker kain bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Arsel. Dan kami berharap bagi perangkat desa mendapatkan prioritas menjalani tes Swab dikarenakan terdapat warga Desa yang terkonfirmasi positif. Juga mohon agar kantor desa dilakukan penyemprotan disinfektan,” ujar H Syahruddin.

Selanjutnya, masker kain tersebut langsung diserahkan kepada lurah dan kepala desa setelah acara penyerahan simbolis oleh Bupati Kobar berakhir. Jumlah masker kain diberikan secara proporsional berdasarkan jumlah penduduk kelurahan/desa.

Bagi kelurahan dan desa yang berada di kota dengan jumlah penduduk banyak mendapatkan masker sebanyak 275 lembar, yaitu Kelurahan Sidorejo, Madurejo, Baru, Raja, Mendawai dan Desa Pasir Panjang. Untuk Kelurahan Raja Seberang dan Mendawai Seberang diserahkan masker sebanyak 185 lembar.

Sedangkan bagi desa lainnya diserahkan masker sebanyak 165 lembar. Sehingga total masker kain yang telah disalurkan ke Kelurahan dan Desa yang ada di wilayah Kecamatan Arsel sebanyak 4 ribu lembar.

Mengakhiri kegiatan penyaluran masker tersebut, Plt Camat Arut Selatan H Syahruddin menyampaikan bahwa semoga kegiatan ini memberikan manfaat bagi masyarakat. Dan tak lupa kepada masyarakat agar senantiasa menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

“Semoga penyaluran masker ini bermanfaat bagi masyarakat. Tak lupa saya berpesan kepada masyarakat agar dalam kehidupan sehari-hari senantiasa menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” pungkas Syahruddin. (kec-arsel)