Sebanyak Tujuh Puluh Capaska Kabupaten Kobar Ikuti Pemusatan Diklat

Komandan Lanud Iskandar Letkol Pnb Ig. Widi Nugroho bertindak selaku Inspektur Upacara saat pelaksanaan Upacara Pembukaan Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) calon Anggota Paskibraka Kobar tahun 2023 di Apron Baseops Lanud Iskandar Pangkalan Bun, Kamis (3/8/2023).

MMC Kobar - Komandan Lanud Iskandar Letkol Pnb Ig. Widi Nugroho, bertindak selaku Inspektur Upacara membuka Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) calon Paskibraka Kotawaringin Barat (Kobar) tahun 2023 di Apron Baseops Lanud Iskandar Pangkalan Bun, Kamis (3/8/2023).

Dalam sambutan Pj Bupati Kobar yang dibacakan Komandan Lanud Iskandar menyampaikan, Paskibaraka sebagai salah satu aset bangsa diharapkan menjadi generasi masa depan calon pemimpin bangsa yang memiliki jiwa Pancasila, disiplin, semangat bela negara dan bertanggung jawab serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara Indonesia.

(Baca Juga : Empat Puluh Guru PAUD Ikuti Pelatihan Penyusunan Perangkat Kurikulum Muatan Lokal)

Komandan Lanud Iskandar juga menyampaikan keberadaan Paskibraka tidak terlepas dari sejarah Indonesia. Paskibraka mulai tahun 1946 ketika Presiden Republik Indonesia yang pertama yakni Ir. Sukarno tahun 1946 saat berada di Yogyakarta memberikan arahan kepada ajudan beliau yakni Mayor Husein Mutahar untuk mencari anak muda pelajar untuk ditugaskan menjadi pasukan pengibar bendera merah putih di tahun kedua kemerdekaan RI. Terpilih 5 orang pelajar di Yogyakarta.

“Ir Sukarno tidak memberikan tugas pasukan pengibar bendera kepada TNI dan Polri tetapi kepada anak muda yang berstatus pelajar. Artinya beliau sudah melihat bahwa masa depan bangsa itu ada di anak muda. Dan hari ini kita memulai pemusatan diklat untuk calon anggota Paskibraka Duta Pancasila Kabupaten Sintang Tahun 2023,” terang Ig. Widi Nugroho.

Komandan Lanud Iskandar Letkol Pnb Ig. Widi Nugroho, S.T., MMDS memberikan tanda pengenal kepada perwakilan calon Anggota Paskibraka Kobar tahun 2023 di Apron Baseops Lanud Iskandar Pangkalan Bun, Kamis (3/8/2023).

Sementara itu, Kaban Kesbangpol Kobar menyampaikan Paskibraka merupakan program kaderisasi calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila.

“Tujuh puluh calon anggota paskibraka Kabupaten Kobar sudah melalui seleksi panjang dan ketat. Terdiri dari 35 orang putra dan 35 orang putri yang berasal dari perwakilan SMA/SMK sederajat se-Kobar. Selamat mengikuti pemusatan diklat, semoga bisa sukses melaksanakan tugas pada 17 Agustus 2023 nanti,” ujar Edi Faganti

Edie menambahkan bahwa kita menyadari bersama adanya penurunan penerapan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, sehingga anggota paskibraka kedepannya akan dijadikan Duta Pancasila.

“Pemusatan diklat ini penting untuk mempersiapkan diri mereka untuk bisa menjalankan tugas pada 17 Agustus 2023 ini. Selain latihan fisik dan baris berbaris, calon Paskibraka juga akan menerima materi dari para narasumber,” imbuhnya.

“Mohon diikuti dan disimak dengan baik karena kalian nanti adalah menjadi Duta Pancasila Kabupaten Kobar,” pesannya.

Hadir pada upacara pembukaan, Wakil Ketua II DPRD Kobar Bambang Suherman, unsur Forkopimda Kobar, Kaban Kesbangpol Kobar Edi Faganti, Plt Kadis Dikbud Kobar Jamri, para orangtua, guru, pelatih dan pengasuh. 

Selanjutnya anggota paskibraka akan menjalani karantina dan latihan di Lanud Iskandar dilanjutkan di Hotel Andika Pangkalan Bun sebelum tampil pada 17 Agustus mendatang. Adapun paswal, pelatih dan pamong dari personel Polres Kobar, Kodim 1014 Pangkalan Bun, Lanud Iskandar, dan dari Purna Paskibraka. (humas kesbangpol)

(Foto Bersama) - Usai pelaksanaan Upacara Pembukaan Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) calon Anggota Paskibraka Kobar tahun 2023 di Apron Baseops Lanud Iskandar Pangkalan Bun, Kamis (3/8/2023).