Pemkab Kobar Akan Tata PKL Di Bundaran Pancasila

MMC Kobar - Dalam waktu dekat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) akan melakukan penataan terhadap para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang ada di kawasan Bundaran Pancasila Pangkalan Bun karena selama ini terkesan keberadaan PKL itu mengabaikan kebersihan dan keindahan.

Menurut Bupati Kobar Hj Nurhidayah mengatakan bahwa kawasan Bundaran Pancasila merupakan keberadaannya ada di tengah jantung Kota Pangkalan Bun sehingga perlu adanya penataan khusus bagi PKL.

"Kami tidak pernah melarang atau menutup rejeki bagi masyarakat yang mencari rejeki berjualan di kawasan Bundaran Pancasila tetapi kami juga mengharapkan agar para PKL ini tetap memperhatikan keindahan kota dengan menjaga kebersihan, untuk itu kami akan lakukan penataan," kata Bupati Kobar Hj Nurhidayah.

Dimana menurut Bupati selama ini para PKL jika habis berjualan tidak langsung merapihkan gerobak-gerobak jualannya sehingga bila siang hari sangat menggangu pemandangan keindahan kota karena gerobak-gerobak itu tetap di biarkan begitu saja.

"Untuk Satpol PP sudah saya perintahkan agar mensosialisasikan hal ini agar PKL mencari tempat untuk menyimpan gerobak-gerobak jualannya setelah malam hari mereka berjualan di kawasan itu, jangan dibiarkan begitu saja," ujar Bupati.

Bahkan kata Bupati menambahkan akan diusahakan tenda-tenda khusus pedagang di kawasan Bundaran Pancasila sehingga ada keseragaman agar ada keindahan bila waktu PKL memulai berjualan sesuai waktu yang telah ditentukan yakni mulai sore sampai malam hari.

"Kami akan mencarikan solusi untuk tempat khusus permainan anak-anak maupun kuliner agar benar-benar tertata kalau saat ini masih semrawut," ujar Bupati.

Penataan kawasan Bundaran Pancasila tambah Bupati sangat penting mengingat kawasan itu menjadi wadah bagi masyarakat yang ingin mencari tempat bersantai bersama keluarga. Dan sebagai kota kunjungan wisata keberadaan Bundaran Pancasila pun menjadi salah satu objek destinasi wisata Kobar. (Humas Diskominfo Kobar)