Manfaatkan Ban Bekas, Pemerintah Kecamatan Pangkalan Lada Optimalkan Lahan Pekarangan

MMC Kobar - Dalam rangka optimalisasi lahan pekarangan dengan memanfaatkan limbah yang banyak tersedia disekitar kita, Camat Pangkalan Lada memiliki inovasi dengan pemanfaatan limbah ban bekas yang dimanfaatkan sebagai pot bunga dan tanaman yang sedianya akan diletakan di sekitar kantor komplek perkantoran kecamatan.

Camat Pangkalan Lada, Robby Setiawan pada Jum’at (10/7) menyampaikan bahwa pentingnya menekan volume sampah akibat kegiatan sehari-hari bagi alam. Alam yang lestari maka akan menyediakan kehidupan yang damai dan ketenangan bagi jiwa.

Untuk membuat pot bunga, staf Kecamatan Pangkalan Lada menggunakan ban bekas mobil karena ukurannya lebih besar. Di tangan terampil maka, setiap ban bekas bisa dijadikan satu pot bunga.

Sementara ban bekas truk Fuso yang ukurannya cukup besar, bisa diolah menjadi 6 tong sampah. Tong sampah yang dia produksi sudah lengkap dengan penutupnya. Selain itu, ban mobil juga dapat digunakan menjadi bantalan sofa dan meja.

“Kami akan terus mencoba menata lingkungan komplek perkantoran Kecamatan Pangkalan Lada lebih baik dengan tetap mengutamakan aspek natural dan organik,” tutur Robby. (kec-pangkalan lada)