Penyaluran Bantuan Stimulan Benih dan Pakan Ikan di Arsel dan Pangkalan Lada

Petugas Diskan Dan Penyuluh Perikanan Pada Saat Penyerahan Bantuan Benih Dan Pakan IKan, Selasa (01/09).

MMC Kobar - Hingga kini secara nasional sektor perikanan air tawar di Indonesia dapat dikatakan belum tergarap maksimal, terbukti dari masih cukup tingginya permintaan pasar. Tentunya bisnis budidaya ikan air tawar cukup potensial untuk dijalankan, apalagi budidaya ikan diharapkan mampu menjadi sumber pemasukan bagi pembudidaya ikan dan keluarga nya.

Hal ini yang menjadi perhatian Pemerintah Daerah Kotawaringin Barat khususnya Dinas Perikanan sebagai dinas teknis untuk terus memacu peningkatan produksi perikanan budidaya dengan memberikan bantuan stimulan benih ikan dan pakan ikan pada Pokdakan Elang Jaya, Pokdakan Sumber Rezeki Kecamatan Pangkalan Lada  dan Pokdakan Delta Arut Kecamatan Arsel, Selasa (1/9).

(Baca Juga : Patroli Pengawasan Objek Wisata, BPBD Kobar Imbau Pengunjung Terapkan Prokes)

Kepala Dinas Perikanan Kobar melalui Kepala Seksi Pengelolaan Kawasan Budidaya Perikanan Harliana yang menyerahkan secara langsung bibit ikan tersebut, menjelaskan bahwa penyerahan bantuan benih dan pakan ikan ini didasarkan pada Keputusan Bupati Kobar tentang Penetapan Daftar Penerima Hibah pada Pokdakan tahun anggaran 2020.

“Bantuan benih ikan yang diserahkan merupakan hasil pembenihan dari Balai Benih IKan (BBI) milik Diskan Kobar dan Unit Pembenihan Rakyat (UPR) ikan binaan Diskan di Desa Melawen sebagai upaya pemberdayaan UPR yang menjadi binaan diskan,” ujar Harliana.

Secara berkala penyuluh perikanan sebagai perpanjangan tangan dinas perikanan, akan terus mendampingi pokdakan secara teknis selama masa pemeliharaan. Hal tersebut perlu dilakukan agar bantuan yang diberikan pemerintah daerah memberikan hasil yang diharapkan.

“Hal itu tentunya untuk meningkatkan angka produksi perikanan budidaya di Kobar dan tentunya diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan Pokdakan dan keluarganya,” tutup Harliana.

Ahmad Rifa’i selaku perwakilan menyampaikan terima kasih kepada Bupati Kobar dan Dinas Perikanan atas bantuan benih ikan yang telah diberikan.

“Terimakasih atas bantuan yang telah diberikan oleh Pemerintah Daerah Kotawaringin Barat yang diserahkan melalui Dinas Perikanan,” ucapnya.

“Bantuan benih ikan yang diserahkan sangat bermanfaat untuk meringankan biaya produksi budidaya yang memang sangat besar pada sektor pakan dan benih. Semoga para pembudidaya selalu mendapatkan perhatian dari pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan para pembudidaya,” tutup Ahmad Rifa’i. (nita&razak/diskan kobar)