Kemenhub, Kemendagri, dan Kemenkes Sosialisasikan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 di Terminal

MMC Kobar - Melalui zoom meeting, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melakukan sosialisasi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di terminal yang diikuti oleh seluruh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) dan Kepala Satuan Kerja Terminal se Indonesia pada Kamis (23/7).

Kemenhub RI melalui Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat, Budi Setiyadi menerangkan bahwa ditengah kondisi pandemi saat ini sudah saatnya para Kepala Satuan Kerja Terminal dan Kepala Dishub untuk berkolaborasi dengan puskesmas dan Dinas Kesehatan dalam menerapkan protokol kesehatan untuk menciptakan kenyamanan kepada para penumpang yang menggunakan jasa terminal.

“Ditekankan kepada pengelola terminal tipe A, B, dan C diseluruh Indonesia untuk mewajibkan pemggunaan masker, menyediakan fasilitas cuci tangan, menerapkan jaga jarak pada kursi tunggu penumpang, diseinfeksi rutin pada fasilitas penumpang serta menyediakan pos/ruang pelayanan kesehatan untuk para penumpang,” Pungkas Budi Setiyadi.

Pada kesempatan yang sama, Plh Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Hari Nur Cahya Murni, mendorong agar pemerintah daerah baik kabupaten/kota dan provinsi untuk meningkatkan pembangunan dan pelayanan dengan mengutamakan aspek kenyamanan dan keamanan serta peningkatan tipe pada terminal yang saat ini aktif beroperasi dalam memberikan pelayanan masyarakat di daerah.

Mewakili Kemenkes RI melalui Direktur Kesehatan Lingkungan, Imran Agus Nurali menyampaikan bahwa selain penerapan protokol kesehatan di area terminal juga diperlukan pengawasan pengelola pangan pada penyedia jasa penjual makanan di terminal agar menjual makanan yang terjamin higienis dan bersih mengingat penyebaran Covid-19 sangat memungkinkan lewat droplet yang menempel dimakanan.

Menindaklanjuti sosialisasi yang sudah disampaikan oleh narasumber terkait protokol kesehatan pencegahan Covid-19 diterminal, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kobar, Jahotler Lumban Gaol yang ikut serta dalam kegiatan sosialisasi melalui zoom meeting tersebut menyampaikan bahwa sudah seharusnya penerapan tersebut dilaksanakan di terminal Natai Suka Pangkalan Bun mengingat bahwa saat ini pasien terkonfirmasi positif di Kobar masih banyak.

Selanjutnya Kepala Dishub Kobar, Fitriyana menjelaskan bahwa saat ini pihaknya secara aktif dan terus menerus berkoordinasi dengan pihak pengelola terminal Natai Suka Pangkalan Bun dan selalu memantau situasi dan perkembangan di terminal.

“Terminal Natai Suka Pangkalan Bun yang saat ini berada dibawah kewenangan Dishub Provinsi Kalimantan Tengah secara aktif berkoordinasi dengan Dishub Kobar untuk bersinergi dalam melayani masyarakat khususnya di saat situasi pandemi Covid-19 sekarang ini. Sebelumnya sejak bulan April lalu sudah menerapkan protokol kesehatan pencegahan pandemi Covid-19, melalui sosialisasi ini perlu dimantapkan sesuai arahan Bapak Dirjen Perhubungan Darat untuk menyediakan pos/ruang layanan kesehatan diterminal,” ungkap Fitriyana. (dishub kobar)