Tertibkan Administasi Surat, Diskan Kobar Lakukan Asistensi Aplikasi SiMAYA

MMC Kobar – Di era modern dan serba digital seperti sekarang ini menuntut struktur birokrasi untuk lebih menyesuaikan dalam pemberdayaan fungsi dan tugasnya. Untuk mendukung hal tersebut Diskan Kobar melakukan asistensi Sistem Administrasi Perkantoran Maya (SiMAYA) pada pegawai lingkup Diskan Kobar, Selasa (21/7) di ruang rapat kantor Diskan yang di dampingi oleh Dinas Kominfo Kobar melalui aplikasi Zoom Meeting. 

Kegiatan asistensi ini diikuti oleh Kepala dinas, sekretaris, seluruh kepala bidang dan kepala seksi/ kepala sub bagian Dinas Perikanan.

(Baca Juga : Jaga Kestabilan Harga, Diskan Kobar Survei Harga Ikan di Beberapa Pasar)

SiMAYA adalah aplikasi administrasi perkantoran yang mendukung proses manajemen persuratan untuk memudahkan proses pencarian dan pengarsipan. Penerapan SiMAYA dilakukan pada instansi kementerian/lembaga/pemerintah daerah untuk meningkatkan efektifitas dan produktifitas kerja, serta tertib administrasi.

Kasi Pengembangan Ekosistem e-government Diskominfo Kobar, Siswanto selaku pendamping mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut Surat Edaran Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) nomor : 555/80/DKISP-II/II/2020 tanggal 17 Februari 2020 tentang Pemanfaatan Aplikasi Sistem Administrasi Perkantoran Maya (SiMAYA).

“Transformasi budaya kerja dari sistem manual menuju transaksi dunia digital dalam pemerintahan dengan SiMAYA sebagai portal aplikasi menjadi jawaban dalam pengoperasian sistem dalam menindaklanjuti surat masuk, surat keluar, disposisi masuk, disposisi keluar surat masuk, menjadi lebih fleksibel sehingga pemanfaatan aplikasi dapat menciptakan e-Office yang baik didalam pelaksanaannya,” terang Siswanto.

Kepala Diskan Kobar, Rusliansyah menyambut baik kegiatan asistensi yang dilaksanakan oleh Diskominfo ini karena penggunaan aplikasi SiMAYA mendukung program pemerintah dalam mereformasi birokrasi dan merupakan salah satu upaya dalam mengurangi penggunaan kertas.  
“Diharapkan dengan implementasi SiMAYA ini dapat membantu administrasi perkantoran khususnya surat menyurat di Diskan, sehingga surat masuk dapat direspon lebih cepat karena dapat langsung didisposisi dimanapun bahkan ketika kepala dinas sedang berada diluar kantor. Karena aplikasi SiMAYA ini dapat diakses melalui perangkat digital seperti PC, notebook ataupun smartphone,” tutupnya.

Pada kegiatan asistensi ini juga dilaksanakan praktek penggunaan aplikasi SiMAYA mulai dari penerimaan surat masuk sampai proses disposisi dari kepala dinas kepada tujuan penerima disposisi. Surat keluar juga disimulasikan mulai dari pembuatan konsep surat, pemeriksaan konsep surat sampai pada pengiriman surat dari aplikasi SiMAYA ke kantor tujuan sehingga surat tidak perlu diantar ke kantor tujuan. (nita&razak/diskan)