DKP Kobar Gelar Pasar Murah Bagi Warga Rungun

MMC Kobar - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) gelar pasar pangan murah di Desa Rungun Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam), Sabtu (2/6). Sebagaimana diketahui, lonjakan harga bahan pangan pada bulan Ramadan dan jelang Hari Raya Idul Fitri tidak dapat terelakkan. Terutama di wilayah yang memiliki rantai distribusi panjang, akses jauh dan infrastruktur yang belum memadai seperti Desa Rungun. Karenanya, pelaksanaan pasar pangan murah ini pun serta merta diserbu warga Desa Rungun.

Perbandingan harga ini bisa dilihat dari penjualan bawang merah yang biasanya Rp 40.000/kg hanya dijual Rp 31.000/kg. Bawang putih yang biasanya Rp 30.000/kg hanya dijual seharga Rp 23.000/kg. Sementara minyak goreng yang biasanya seharga Rp 17.000 hanya dijual Rp 12.500/liter. Telur ayam yang biasanya seharga Rp 58.000/piring di pasar pangan murah ini dijual Rp 48.000/piring. Demikian pula bahan pangan lainnya semisal beras, tepung terigu, gula pasir dan kacang tanah. Adapun penyediaan bahan pangan ini merupakan hasil kerjasama DKP Kobar dengan Bulog Pangkalan Bun.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah menyambut positif kegiatan ini. Beliau mengatakan, “Kegiatan seperti ini memang sebaiknya dilaksanakan di semua wilayah Kobar yang akses transportasinya sulit”. Dalam kesempatan ini, beliau juga menyerahkan kupon paket bahan pangan kepada perwakilan warga Desa Rungun untuk kemudian ditukar kepada Tim Pasar Pangan Murah DKP Kobar.

Ida Pandanwangi selaku Plt Kepala DKP Kobar ketika dimintai keterangannya, menyatakan bahwa kegiatan ini barulah permulaan kegiatan pasar pangan murah yang diinisiasi oleh DKP Kobar.

“Kegiatan ini kan implementasi dari Peraturan Bupati yang kita usulkan kemaren. Jadi kedepannya Insya Allah akan berlanjut di 6 kecamatan di Kobar,” terangnya.

Selain itu, beliau juga mengharapkan kegiatan ini menjadi salah satu kontribusi DKP Kobar dalam membangun ketahanan pangan di Kobar, terutama mengatasi lonjakan harga jelang hari besar keagamaan seperti Idul Fitri sekarang ini dan hari besar keagamaan lainnya. (Sinta)