Cegah Penyebaran Covid-19 di Dermaga ASDP Inderasari dan Pasar Saik, Dishub dan BPBD Kobar Lakukan Penyemprotan

MMC Kobar - Untuk menciptakan kenyamanan masyarakat di tengah kondisi pandemi Covid-19, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melakukan disinfeksi (penyemprotan disinfektan) di Dermaga Angkutan Sungai dan Penyeberangan (ASDP) Inderasari dan Dermaga ASDP Pasar Saik Pangkalan Bun, Selasa (25/8).

Dermaga ASDP Inderasari dan Dermaga ASDP Pasar Saik Pangkalan Bun yang berada berdekatan dengan pusat perbelanjaan/pasar yang sekaligus penunjang transportasi perairan, sangat berisiko terjadinya penyebaran Covid-19.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dermaga ASDP Inderasari Dishub Kobar yang sekaligus mengkoordinir Dermaga ASDP Pasar Saik, Sutimin menyampaikan bahwa setiap hari mulai pagi sampai sore bahkan sampai malam aktifitas masyarakat terutama di Dermaga Inderasari  sangat ramai.

“Setiap hari aktifitas masyarakat yang naik dan turun dari dermaga serta parkir kendaraan di area dermaga ASDP Inderasari dan dermaga ASDP pasar saik pangkalan bun terpantau padat sehingga perlu pencegahan dengan penyemprotan disinfektan,” ungkap Sutimin

Saat melakukan penyemprotan yang difasilitasi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kobar, koordinator kegiatan dari Dishub Kobar melalui Kepala Seksi Keselamatan Dishub Kobar, Nur Soleh menambahkan bahwa penyemprotan disinfektan di area Dermaga ASDP Inderasari dan Dermaga ASDP Pasar Saik sebagai upaya bersama dalam memutus mata rantai pandemi Covid-19.

“Untuk mengantisipasi dan mencegah resiko penyebaran Covid-19 di tempat/fasilitas penunjang transportasi perairan khususnya Dermaga Inderasari dan Dermaga Pasar Saik Pangkalan Bun telah dilakukan penyemprotan disinfektan bersama BPBD Kobar,” ujar Nur Soleh.

“Selanjutnya pihaknya akan melanjutkan penyemprotan disinfektan di Dermaga Pasar Cempaka Kumai  dan Pelabuhan Penyeberangan Kumai (RoRo) yang merupakan kegiatan lanjutan dalam upaya memutus mata rantai Covid-19 sekaligus untuk menciptakan kenyamanan kepada masyarakat yang menggunakan jasa Dermaga atau Pelabuhan dengan kondisi tempat yang steril,” pungkasnya. (dishub kobar)