16 Januari 2019, Piala Adipura Ke-12 Diarak Keliling Kota

MMC KOBAR - Pada 16 Januari 2019 nanti, Pemerintah  Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) akan mengadakan acara syukuran atas penganugerahan Adipura ke-12. Bahkan penghargaan tertinggi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di bidang lingkungan hidup tersebut akan diarak keliling kota Pangkalan Bun dan Kecamatan Kumai.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kobar Bambang Djatmiko mengatakan bahwa pada 14 Januari ini penganugerahan Adipura ke-12 baru akan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI di Auditorium Dr Soejarwo Gedung Manggala Wanabakti Jakarta Pusat dan akan diterima oleh Bupati Kobar Hj Nurhidayah.

"Setelah penerimaan itu paling istirahat sehari lalu tanggal 16 Januarinya baru balik ke Pangkalan Bun, dimana nanti ada penyambutan di Bandara Iskandar Pangkalan Bun dilanjut acara syukuran yang titik kumpulnya di kantor Pemda, lalu baru kita keliling kota, hanya untuk route nya belum kita tentukan, Insya Allah akan kita rapatkan dengan instansi terkait," kata Bambang Djatmiko, Kamis (10/1/2019).

Disampaikannya pula bahwa perihal acara penerimaan penghargaan di Jakarta sampai acara syukuran di Pangkalan Bun nantinya juga sudah dirapatkan dengan Bupati Kobar Hj Nurhidayah. Selain itu, Bupati Hj Nurhidayah pun berencana akan memberika bingkisan kepada pasukan kuning dan kepada komponen masyarakat yang telah berpartisipasi aktif dalam menciptakan kebersihan lingkungan.

“Tadi kami sudah rapat dengan Bupati mengenai acara yang akan dilakukan nanti. Bupati nantinya juga akan memberikan bingkisan kepada pasukan kuning sebagai ucapan terima kasih, dan juga akan memberikan penghargaan kepada komponen masyarakat yang telah ikut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan,” ucap Bambang Djatmiko.

Ditambahkannya lagi, pemberian bingkisan kepada pasukan kuning tersebut karena pasukan kuninglah yang menjadi garda terdepan dalam menangani masalah sampah di dalam kota, baik Pangkalan Bun dan Kumai. Hal itulah yang menjadi alasan Bupati Kobar akan memberikan apresiasi, seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

"Selain memberikan apresiasi kepada pasukan kuning, tentunya perolehan piala Adipura ke-12 ini tidak terlepas dari dukungan masyarakat serta pihak terkait lainya yang konsisten untuk menjaga lingkungan, dan kami ucapkan juga terima kasih kepada semua media, baik cetak, tv lokal maupun online yang selama ini selalu membantu kami, sehingga Kabupaten Kobar bisa meraih piala Adipura selama 12 kali berturut-turut. Semoga anugerah Adipura kali ini dapat memotivasi masyarakat untuk terus berkomitmen menjaga kebersihan dan keindahan kota Pangkalan Bun,” pungkasnya. (Humas Diskominfo Kobar)