Pemkab Kobar Gelar Upacara Bendera Memperingati Hari Otonomi Daerah XXVIII

MMC Kobar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII tahun 2024. Kegiatan pada Kamis (25/4/2024) ini diikuti oleh berbagai elemen masyarakat, mulai dari TNI, Polri, ASN, pelajar/mahasiswa, hingga organisasi kemasyarakatan. Bertindak sebagai inspektur upacara yang digelar di halaman Kantor Bupati kali ini adalah Asisten Administrasi Umum, Syahruddin.

Tema yang diusung pada peringatan kali ini adalah "Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat". Tema ini dipilih dengan tujuan untuk memperkokoh komitmen, tanggung jawab, dan kesadaran seluruh jajaran pemerintah daerah akan amanah serta tugas untuk membangun keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup.

(Baca Juga : Bersama Disperindagkop UKM, Satpol PP Kobar Gelar Penertiban dan Penataan PKL)

Membacakan arahan dari Menteri Dalam Negeri M. Tito Karnavian, Asisten Administrasi Umum Syahruddin menyampaikan bahwa setelah 28 tahun, otonomi daerah telah memberikan dampak positif yang signifikan. Hal ini tercermin dari peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan peningkatan kemampuan fiskal daerah.

Syahruddin juga menambahkan bahwa perjalanan kebijakan otonomi daerah selama lebih dari seperempat abad menjadi momentum yang tepat untuk kembali memaknai arti, filosofi, dan tujuan dari otonomi daerah. 

"Sesuai dengan Undang-undang Nomor 23 tahun 2014, otonomi daerah dirancang untuk mencapai dua tujuan utama, yaitu kesejahteraan dan demokrasi," ungkap Syahruddin.

Dengan semangat kebersamaan dan komitmen yang kuat, Syahruddin juga berharap Kabupaten Kotawaringin Barat bisa menjadi contoh dalam mewujudkan otonomi daerah yang berkelanjutan, berwawasan lingkungan, dan mampu menciptakan ekonomi hijau bagi generasi mendatang. (prokom_rib)