Tingkatkan Pelayanan, RSSI Buka Layanan PICU

Kepala Seksi Rawat Inap RSSI Pangkalan Bun, Aimandinata tengah menyampaikan program dan rencana pembukaan pelayanan PICU di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun. (rssi pbun)

MMC Kobar - Dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), RSUD Sultan Imanuddin (RSSI) Pangkalan Bun akan segera membuka pelayanan PICU. Hal ini diungkap pada pada Kegiatan Rapat Pembentukan Pelayanan PICU, Rabu (29/1).

Kegiatan rapat Pembentukan Pelayanan PICU ini dihadiri oleh manajemen RS, Komite Medik, Komite Keperawatan, Komite Tenaga Kesehatan Lainnya.

(Baca Juga : Jelang Pilkada Serentak 2020, Bupati Hj Nurhidayah Imbau Masyarakat Bijak Bermedsos)

PICU (Pediatric Intensive Care Unit) adalah ruang perawatan intensif di RSSI bagi anak dengan gangguan kesehatan serius atau yang berada dalam kondisi kritis. Pasien anak-anak yang dirawat di PICU mulai bayi berusia 28 hari sampai anak remaja dengan usia 18 tahun.

Pelayanan ini akan dimulai dengan 3 tempat tidur dan dijaga selama 24 jam oleh petugas medis yang telah mengikuti pelatihan PICU dan didukung dengan peralatan medis yang canggih.

Kepala Seksi Rawat Inap RSSI Pangkalan Bun, Aimandinata mengatakan pihak RSSI akan menyiapkan tenaga medis mulai dari perawat, dokter spesialis dan dokter umum yang akan stand by selama 24 jam di ruangan PICU.

“Nantinya kita akan menyediakan 3 bed pasien dulu, dan akan kita tambahkan segera supaya bisa menampung pasien lagi," tutur Aimandinata. (rssi pbun)