Tingkatkan Kapasitas Pelaporan, DWP Kobar Gelar Pelatihan e-Reporting

Ketua DWP Kobar memberikan sambutan sebelum pelatihan e-Reporting di Aula Kantor Kesbangpol

MMC Kobar - Dalam rangka penerapan teknologi informasi untuk pelaporan pelaksanaan kegiatan-kegiatan, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Sistem Pelaporan Elektronik (e-Reporting) secara daring melalui media zoom. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota DWP perangkat daerah di lingkungan Pemkab Kobar pada Selasa (8/2).

Kegiatan yang dibuka oleh Ketua DWP Kabupaten Kobar, Atikah Suyanto ini menghadirkan Plt. Sekretaris Jendral (Sekjen) DWP Pusat Nadia Rikmasari Yudha dan Narasumber Admin e-Reporting Pusat Abdul Mufti melalui zoom. Acara diselenggarakan di Aula Kantor Kesbangpol dan dihadiri oleh seluruh anggota DWP SOPD secara daring dan luring.

(Baca Juga : Pemkab Barito Utara Salurkan Bantuan Logistik Bagi Masyarakat Kobar Terdampak Banjir)

Atikah Suyanto mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas kinerja pelaporan kegiatan di masing-masing perangkat daerah. “Diharapkan semua anggota DWP perangkat daerah bisa melaporkan kegiatannya melalui e-Reporting dengan kriteria yang telah ditetapkan,” ujar Atikah.

“Selain itu juga bisa menyusun program kerja masing-masing dan mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk mewujudkan kesejahteraan anggota DWP,” lanjutnya.

Plt Sekjen DWP Pusat Nadia Rikmasari Yudha dan Narasumber Admin e-Reporting Pusat Abdul Mufti yang hadir secara daring.

Pada kesempatan yang sama, Plt Sekjen DWP Pusat juga memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan pelatihan e-reporting tersebut.

Dalam sambutannya, Nadia mengatakan bahwa pelatihan e-Reporting ini merupakan salah satu poin penting yang harus dilaksanakan. “Kami berharap DWP kabupaten bisa meningkatkan kualitas SDM yang ada, dan dapat menggunakan teknologi yang tepat untuk memperlancar seluruh kegiatan yang ada saat ini maupun yang akan datang,” kata Nadia.

Nadia menjelaskan, dengan adanya e-Reporting terjadi proses transformasi budaya pelaporan dari manual ke digital serta mampu meningkatkan kinerja pelaporan kegiatan organisasi. e-Reporting sebagai wujud kerja professional DWP di era teknologi mobile, proses perencanaan dan pelaporan program kegiatan unsur pelaksana DWP Instansi Pemerintahan Pusat, provinsi, kabupaten, atau kota dapat dilakukan secara terintegrasi dengan pusat data.

“Semoga melalui pelatihan e-Reporting ini diharapkan dapat menjadi penyemangat dan memotivasi ibu-ibu untuk lebih giat lagi dalam mengimplementasikan e-Reporting DWP Kabupaten Kotawaringin Barat,” kata Nadia.

“Kita harus bisa menjadi agen perubahan dalam menghadapi era new normal dengan tetap menerapkan prokes disetiap kegiatan,” pungkasnya mengakhiri sambutannya. (dsy/diskominfo kobar)

Anggota DWP Perangkat Daerah mengikuti pelatihan e-Reporting secara luring di Aula Kesbangpol.