Tim Animal Rescue Damkar Kobar Berhasil Evakuasi Ular Cobra yang Masuk ke Rumah Warga

Salah Satu Personil Tim Animal Rescue Regu I (Satu) Damkar Kobar Sedang Mengevakuasi Seekor Ular Cobra Dari Dalam Rumah Warga. Rabu (11/9) Sore

MMC Kobar - Tim Animal Rescue Regu I Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) kembali berhasil mengevakuasi seekor ular Cobra yang masuk ke dalam rumah warga di Jalan Ahmad Yani RT 23, Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan.

Aksi evakuasi ular cobra tersebut yang dilakukan oleh Tim Animal Rescue Damkar Kobar, menjadi tontonan oleh masyarakat sekitar. Adapun informasi berawal dari salah seorang warga jalan Ahmad Yani, RT.23, Kelurahan Baru, Lusi Asriyani telah mendengar suara desisan ular di bagian dapur rumahnya, Rabu (11/9) sekira pukul 16.05 Wib

(Baca Juga : Berkolaborasi dengan Aparatur Kecamatan dan Desa, DLH Kobar Bangun TPS Sampah di Desa Sungai Tendang)

Setelah menerima laporan dari masyarakat melalui telepon ke nomor layanan Damkar Kobar, Tim Animal Rescue dari Regu l dengan sigap langsung bergegas menuju lokasi sesuai laporan yang diterima.

Personil Tim Animal Rescue Bersama Warga Sekitar Memegang Karung Yang Didalamnya Berisi Ular Cobra Hasil Evakuasi Dari Dalam Rumah Warga

"Iya, kita mendapat laporan dari warga, bahwa ada ular masuk kerumahnya. Pada saat kami terima laporan, si pelapor, Lusi Asriyani mengatakan mendengar suara desisan seperti desisan seekor ular cobra,” kata Kabid Pemadaman, Penyelamatan dan Saranaprasarana, Dwi Agus Suhartono yang juga sekaligus menjabat sebagai Plt. Sekretaris Dinas Damkar Penyelamatan Kobar, Kamis (12/9) pagi.

“Untuk memastikan laporan tersebut guna mencegah hal yang tidak kita inginkan terjadi yaitu keselamatan manusia, kami langsung turunkan Tim Animal Rescue Regu I Damkar yang pada hari itu sedang melaksanakan Piket Siaga 24 Jam di Mako Damkar agar segera meluncur ke rumah pelapor untuk melakukan penanganan serta evakuasi apabila benar ditemukan ular dalam rumah pelapor tersebut,” ungkap Agus.

Lebih lanjut, Agus menyampaikan, Tim Animal Rescue Regu I Damkar Kobar telah berhasil melakukan penanganan serta mengevakuasi ular yang memiliki panjang kurang lebih 1 meter tersebut yang bersembunyi di sudut-sudut dapur bagian dalam rumah si pelapor.

“Adapun jenis ular tersebut yaitu ular cobra hitam termasuk spesies ular yang berbisa tinggi. Dengan menggunakan peralatan khusus untuk mengevakuasi ular, serta peralatan safety lainya yang digunakan tim animal rescue, sekitar kurang lebih 20 menit akhirnya ular cobra hitam tersebut berhasil dievakuasi dan akan dibawa ke Mako Damkar untuk diamankan,” ujar Agus.

Agus juga mengimbau, bagi masyarakat Kobar yang membutuhkan bantuan penyelamatan serta evakuasi yang dianggap dapat membahayakan keselamatan atau mengancam nyawa manusia bisa segera menghubungi Damkar Kobar melalui Whatsapp Damkar Kobar di Nomor 0812 9046 1661 (Layanan Gratis).

“Apabila terjadi kebakaran atau bagi siapa saja yang mengetahui terjadi kebakaran di sekitar kita berada segera saja telepon Damkar Kobar,” tutupnya. (rz/damkarkobar)