RSSI Lakukan Swab Lanjutan Pasien Konfirmasi Covid-19

Tim Covid-19 RSSI melakukan pendataan pemeriksaan swab pasien.

MMC Kobar - Kamis (04/05) sore, Tim Covid-19 RSUD Sultan Imanuddin (RSSI) Pangkalan Bun melakukan pemeriksaan Swab lanjutan kepada 69 orang pasien PDP dan Positif Covid-19 di Ruang Poliklinik RSSI.

"Kita dijadwalkan memeriksa enam puluh sembilan orang pasien hari ini," ujar Roni, salah satu petugas TIM Covid-19 RSSI.

(Baca Juga : Bupati Hj. Nurhidayah Monitoring Pembangunan Infrastruktur di Beberapa Kecamatan)

"Pemeriksaan swab ini dilakukan dengan menggunakan spesimen yang diambil dari rongga hidung (nashofaring). Diketahui virus Covid-19 paling banyak berdiam di rongga hidung mencapai 89 persen, dari pada rongga bawah. Sehingga tingkat akurasinya sangat tinggi," jelasnya.

Hasil pemeriksaan swab ini masih dikirimkan ke RS Dorys Silvanus Palangka Raya dan akan diperoleh dalam waktu dua sampai tiga hari kedepan paling cepat.

Sedangkan alat pemeriksaan PCR (Polymerase Chain Reaction) yang sudah ada di RSSI rencananya dapat dioperasikan setelah mempersiapkan ruang pemeriksaan yang sesuai dengan standar.

Setelah dilakukan pemeriksaan di gedung poliklinik, Tim Sarana dan Prasarana RSSI segera melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Ruang Tunggu Gedung Poliklinik agar dapat digunakan kembali keesokan harinya. (rssi pbun)