Resmikan Penggilingan Padi, Pj Bupati Budi Santosa : Pentingnya Kerja Sama Pemerintah dan Masyarakat untuk Tingatkan Produksi Pangan

MMC Kobar – Sebagai upaya peningkatan produksi beras, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Pertanian menyalurkan bantuan kepada para petani berupa seperangkat alat penggilingan padi di Desa Palih Baru kecamatan Kotawaringin Lama. Penggilingan padi diresmikan oleh Penjabat (Pj) Bupati  Budi Santosa pada Selasa (30/1). 

Pendirian penggilingan padi ini menjadi langkah strategis dalam memfasilitasi pembangunan pertanian di Desa Palih Baru. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan hasil beras dengan kualitas terbaik serta mendukung peningkatan produksi beras di wilayah tersebut.

(Baca Juga : Sering Terjadi Kemacetan Lalu Lintas di Jalan H Udan Said, Dishub Kobar Lakukan Sosialisasi kepada Sopir dan Jukir)

Dalam sambutannya, Pj Bupati Budi Santosa menyampaikan pentingnya kerja sama antara pemerintah daerah dan masyarakat dalam meningkatkan produksi pangan. “Produksi beras menjadi fokus utama karena beras menjadi kebutuhan pokok dan ini berperan penting dalam menstabilkan inflasi,” kata Budi.  

Budi Santosa juga mengapresiasi konsistensi warga Palih Baru dalam menanam padi, serta mengajak semua pihak terkait untuk memberikan dukungan penuh guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dengan peresmian penggilingan padi ini, diharapkan akan terjadi peningkatan signifikan dalam sektor pertanian, serta mendorong kesejahteraan dan ketahanan pangan di wilayah Kotawaringin Barat. Langkah ini menjadi bukti komitmen pemerintah daerah dalam mendukung pengembangan sektor pertanian untuk kesejahteraan masyarakat.

Sebelum meresmikan penggilingan padi Mulia Jaya, Budi Santosa yang didampingi pejabat terkait juga meninjau lahan tanaman padi yang berdekatan dengan lokasi penggilingan tersebut. Kunjungan ini tidak hanya terbatas pada wilayah Desa Palih Baru, tetapi juga meliputi Desa Ipuh Bangun Jaya yang memiliki tanaman bawang sebagai salah satu komoditas unggulan. (prokom_rib)