Pulihkan Ekonomi, Pemerintah Adakan Pasar Kuliner dan UMKM Badadapatan Kampung Kojo di Kecamatan Kumai

MMC Kobar - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) terus berupaya memulihkan perekonomian masyarakat di masa pandemi Covid-19 ini. Sektor UMKM merupakan salah satu pilar penting dalam perekonomian, untuk itu pemerintah terus mendorong sektor UMKM untuk terus berjalan melalui berbagai kegiatan, salah satunya melalui kegiatan pasar kuliner dan UMKM.

Pemkab Kobar melalui Pemerintah Kecamatan Kumai mengadakan kegiatan Pasar Kuliner dan UMKM di Pasar Tanjung Puting Kelurahan Kumai Hulu Kecamatan Kumai. Pasar kuliner yang digelar pada tanggal 22-24 Juli 2022 pukul 16.00-22.00 WIB ini bertajuk “Badadapatan Kampung Kojo" dan Pasar diikuti 84 pelapak. Acara ini turut dihadiri perwakilan dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM).

(Baca Juga : Kunjungi Desa Panahan, Pj Bupati Menyandau Durian bersama Masyarakat)

Kepala Disperindagkop UKM Kobar, Alfan Khusnaini mengatakan, produk kuliner atau makanan merupakan kebutuhan pokok masyarakat sehari-sehari, sehingga akan selalu ada permintaan akan makanan. Hal ini menghasilkan peluang bisnis kuliner yang sangat potensial.

“Selain itu, UMKM di bidang kuliner dapat dimulai dengan modal uang yang kecil, bahkan dibawah satu juta rupiah," ujar Alfan, Jumat (22/7).

Alfan juga mengungkapkan bahwa melihat besarnya kontribusi kuliner dalam meningkatkan perekonomian, masyarakat bisa menjadikan kuliner sebagai usaha yang menjanjikan.

"Berdasarkan data dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, subsektor kuliner di Indonesia menyumbang Rp455,44 triliun atau sekitar 41% dari total Produk Domestik Bruto (PDB) kreatif yang totalnya sebesar Rp1.134,9 triliun pada tahun 2020. Ini berarti, subsektor kuliner merupakan penyumbang terbesar PDB ekonomi kreatif,” ungkapnya.

“Selain itu, subsektor kuliner juga menyerap tenaga kerja paling banyak yakni 9,5 juta orang penduduk di Indonesia,” tandasnya.

Kegiatan ini dilaksanakan atas kerja sama Disperindagkop UKM Kobar dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK), Kelompok Masyarakat Amanah dan Karang Taruna Senggora Kelurahan Kumai Hulu Kecamatan Kumai. (disperindagkop ukm kobar)