Pimpin Upacara Peringatan Hari Bela Negara, Pj Bupati Budi Santosa Ingatkan Pentingnya Partisipasi Aktif Elemen Masyarakat

MMC Kobar – Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Budi Santosa memimpin upacara peringatan Hari Bela Negara ke-75 tahun 2023. Kegiatan yang berlangsung di halaman kantor bupati pada selasa pagi (19/12) ini diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri, dan berbagai organisasi masyarakat.  

Upacara peringatan yang mengusung tema “Kobarkan Bela Negara Untuk Indonesia Maju” ini berlangsung dengan sederhana namun penuh suasana khidmat. 

(Baca Juga : Percepat Pemulihan, Pemkab Kobar Gelar Vaksinasi Bagi Pelaku Pariwisata)

Membacakan amanat presiden RI, Pj Bupati Budi Santosa menegaskan bahwa semangat Bela Negara di Indonesia tak hanya terpaku pada aspek militer, melainkan juga merangkul setiap jengkal kehidupan masyarakat sehari-hari. 

"Setiap tindakan, sekecil apapun, yang didasari oleh cinta kepada bangsa dan negara, Pancasila, dan NKRI, adalah manifestasi nyata dari semangat Bela Negara," tegas Budi Santosa.

Budi Santosa juga mengingatkan seluruh yang hadir agar terus memupuk semangat bela negara sebagai pilar utama dalam menghadapi berbagai situasi yang tidak menentu. “Semangat bela negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat,”kata Budi Santosa. 

Peringatan kali ini mengingatkan seluruh peserta untuk melihat Bela Negara sebagai panggilan jiwa yang melintasi batas-batas profesi atau kehidupan sehari-hari. Semangat untuk berbakti kepada bangsa dan negara menjadi landasan utama dalam mengukir prestasi Indonesia menuju masa depan yang lebih gemilang. (prokom_rib)