Persiapan Pengawalan Libur Lebaran, BPBD Kobar Ikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Telabang 2022

Kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Telabang 2022 dalam persiapan Pengamanan Libur Lebaran 2022, Jumat (22/4) di Halaman Polres Kobar.

MMC Kobar - Berdasarkan hasil survei Kementerian Perhubungan, masyarakat yang mudik lebaran diperkirakan sebanyak 85,5 juta orang. Demi memberikan keamanan dan kenyamanan untuk para pemudik selama libur Lebaran tahun ini, Polres Kobar mengadakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Telabang 2022.

Kegiatan yang berlangsung Jumat (22/4) di Halaman Polres Kotawaringin Barat ini diikuti oleh jajaran personil TNI Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kobar, Dinas Perhubungan (Dishub), Satpol PP, Damkar, Banser, dan instansi terkait lainnya. Bupati Kobar Hj Nurhidayah menjadi Pembina Apel tersebut.

(Baca Juga : Peduli Kemanusiaan, Diskan Kobar Kembali Gelar Kegiatan Donor Darah)

Pada kesempatan ini, Bupati menyampaikan arahan dari Kapolri kepada seluruh stakeholder agar meningkatkan kesiapan personil dalam memberikan kenyamanan bagi para pemudik.

"Apel ini diadakan untuk menciptakan kondisi aman dan tertib untuk setiap pemudik. Dengan dilonggarkannya aturan untuk bisa melakukan mudik, setiap personil gabungan diharapkan bisa bersinergi untuk pengamanan dari darat, laut, dan udara," ungkapnya.

Hj Nurhidayah juga menyampaikan arahan Kapolri untuk menyiapkan posko pelayanan guna menjamin kesehatan pemudik. "Ini sebagai tindaklanjut untuk pencapaian vaksinasi seluruh masyarakat agar semua aman sampai tempat tinggal mereka masing-masing," terangnya.

Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono menambahkan dalam upaya operasi Ketupat kali ini, akan disediakan posko siaga di beberapa titik. "Kami sudah menyiapkan personil untuk pengamanan area umum yang sekiranya memungkinkan," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kobar Syahruni mengungkapkan jika sinergi setiap instansi terlaksana dengan baik. Di kesempatan sebelumnya, BPBD Kobar juga telah mendapatkan mandat untuk saling berkoordinasi dalam kewaspadaan bencana selama libur Lebaran 2022.

"BPBPK Provinsi Kalteng juga telah mengarahkan BPBD tiap Kabupaten untuk bersinergi dengan stakeholder untuk turut mendukung pelaksanaan keamanan pemudik, termasuk juga kepatuhan prokes, dan pencapaian target vaksinasi untuk pemudik yang belum melengkapi tahap vaksin. Ini semua demi kenyamanan mudik lebaran tahun ini," ungkapnya. (bpbd kobar)