Peringati Pertempuran 14 Januari 1946, Pemkab Kobar Gelar Upacara Tabur Bunga

Pj. Bupati Kobar Budi Santosa bersama unsur Forkopimda melakukan prosesi tabur bunga dalam peringatan pertempuran 14 Januari 1946 di dermaga Pelabuhan Panglima Utar, Minggu (14/1/2024)

MMC Kobar  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar Upacara Peringatan Pertempuran 14 Januari 1946 di dermaga Pelabuhan Panglima Utar, Minggu (14/1). Upacara yang dipimpin langsung Danlanud Iskandar Letkol Pnb David Moningka berjalan dengan khidmat dan lancar.

Bertindak selaku Perwira Upacara Danramil 02/Kumai Kapten Arm. Ahmad Zubaidi dan sebagai Komandan Upacara Pasi Ops Kodim 1014/Pbn Lettu Suwaryo dengan pasukan upacara terdiri dari Polres Kobar, Kodim 1014/Pbn, Lanud Iskandar Pbun, Brimob, Satpol PP Kobar, Basarnas, KPLP dan Pelajar.

(Baca Juga : Tingkatkan Pengembangan Produk Perikanan, Diskan Kobar Lakukan Sinergitas dengan Kementerian KKP)

Kepala Badan Kesbangpol Kobar Edie Faganti mengatakan, kegiatan Peringatan Pertempuran 14 Januari 1946 Tahun 2024 yang dilaksanakan pada hari ini memiliki arti penting sebagai bahan refleksi sekaligus menjadi motivasi untuk melanjutkan perjuangan membangun daerah, bangsa dan negara.

Pasukan Upacara dalam peringatan pertempuran 14 Januari 1946 di dermaga Pelabuhan Panglima Utar, Minggu (14/1/2024)

“Semangat dan pengorbanan Panglima Utar dan para pahlawan lainnya tentu harus kita abadikan. Untuk itu pada kesempatan ini, kami mengajak kepada masyarakat Kotawaringin Barat agar berpartisipasi aktif dalam mendukung dan membangun daerah yang kita cintai ini,” ajak Edie.

Dalam kesempatan ini, Edie mengajak generasi muda saat ini sebagai penerus para pejuang terdahulu untuk mengambil pesan dan hikmah dari peristiwa 14 Januari 1946 yang dipelopori oleh Panglima Utar dan para pejuang lainnya.

“Bertepatan dengan peristiwa pertempuran 14 Januari 1946 ini kita semua diajak untuk kembali merenung, kembali berpikir tentang peran serta kita dalam mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pemuda dan ulama saat pertempuran 14 Januari 1946,” ujarnya.

Kegiatan puncak 14 Januari tahun ini hanya diisi dengan kegiatan Upacara Tabur Bunga dan Haul dalam rangka memperingati Peristiwa Pertempuran 14 Januari 1946, untuk kegiatan lainnya akan dilaksanakan setelah pelaksanaan Pemilu Serentak 14 Februari 2024.

Dalam Upacara ini dihadiri Pj Bupati Kobar Budi Santosa, unsur Forkopimda, Pj Bupati Sukamara, Anggota DPRD Provinsi Kalteng, Anggota DPRD Kabupaten Kobar, asisten, staf ahli bupati, kepala OPD Kobar, pimpinan instansi vertikal, tokoh masyarakat dan para ahli waris Panglima Utar serta masyarakat Kumai. (Humas Kesbangpol)

Pj. Bupati Kobar Budi Santosa bersama unsur Forkopimda memberikan penghormatan kepada para pejuang dalam pertempuran 14 Januari 1946 di dermaga Pelabuhan Panglima Utar, Minggu (14/1/2024)