Pemkab Kobar Telah Bentuk 19 Kampung KB di 6 Kecamatan

(Foto Bersama) - Para Peserta Pembentukan Pokja Kampung KB di Desa Tanjung Putri Kecamatan Arut Selatan. (dp3ap2 kb kobar)

MMC Kobar - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (Dinas P3AP2 KB) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengadakan Pertemuan Pembentukan Pokja Kampung KB di Desa Tanjung Putri Kecamatan Arsel pada Selasa (16/7). Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Tanjung Putri ini dihadiri 30 orang peserta yang terdiri dari Sekretaris Desa, Ketua BPD, Ketua TP PKK & Anggota, Bidan Desa, Ketua RT, PPL Desa, PPKBD, Sub PPKBD, Toma, Toga, Karang Taruna.

Kampung KB merupakan program inovatif yang strategis sebagai model/miniatur pembangunan yang melibatkan seluruh sektor masyarakat. Kampung KB pertama kali dicanangkan oleh presiden Jokowi pada bulan Januari 2016. Saat ini di Kabupaten Kobar sudah dibentuk 19 kampung KB yang tersebar di 6 kecamatan.

(Baca Juga : Presiden Anugerahkan Gelar Pahlawan Nasional Untuk 6 Tokoh Bangsa)

Tidak semua Desa/Kelurahan bisa masuk program kampung KB, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Kriteria utama adalah jumlah peserta KB di bawah rata-rata di antara desa lainnya, jumlah keluarga prasejahtera dan keluarga sejahtera I di atas rata-rata di antara desa lainnya dan kriteria lainnya seperti kriteria wilayah dan kriteria khusus lainnya.

Di Kecamatan Arsel ada 5 kampung KB yang sudah dibentuk yaitu Desa Medangsari, Kelurahan Mendawai Sebrang, Desa Tanjung Putri, Desa Kenambui dan Desa Kumpai Batu bawah. Kepala Dinas P3AP2KB, Drs. Abdul Wahab selaku narasumber menyampaikan bahwa pembentukan pokja kampung KB diharapkan dapat menjadi motor penggerak kegiatan yang dilakukan di kampung KB yang sejalan dengan 8 fungsi keluarga.

“Sehingga tujuan program kampung KB untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di desa tersebut melalui program Kependudukan, Keluarga Berencana Dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan pembangunan Sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas dapat tercapai,” sambung Wahab.(dalduk/dp3ap2kb kobar)