Pemkab Kobar Dukung Sukses Pelaksanaan Pilkada Serentak 2024

Foto Bersama seluruh Stakholder terkait pada Kegiatan Rakor Dukungan Pemerintah Daerah dalam Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 dan Penyerahan Naskah Hibah BMN KPU Kab. Kobar kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat yang dilaksanakan di Ballroom Brits Hotel, Rabu (10/07/2024).

MMC Kobar – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (kesbangpol) Kotawaringin Barat (Kobar) menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Dukungan Pemerintah Daerah dalam penyelenggaraan pilkada serentak Tahun 2024 dan Penyerahan Naskah Hibah Barang Milik Negara (BMN) KPU Kabupaten Kotawaringin Barat kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kobar yang dilaksanakan di Ballroom Brits Hotel, Rabu (10/07).

Dalam sambutannya Pj Bupati Kobar yang dibacakan Kaban Kesbangpol Edie Faganti menjelaskan, Pemkab Kobar akan selalu bekerjasama dengan PPK dan PPS di wilayah kecamatan dan desa, dengan memberikan dukungan berupa penyediaan sarana prasarana sekretariat PPK dan PPS. Terutama dalam hal penggunaan fasilitas pemerintah daerah di kantor kecamatan, kantor kelurahan dan kantor desa, guna mendukung lancarnya penyelenggaraan Pilkada 2024.

(Baca Juga : Sosialisasi Buku KIA Revisi Tahun 2020)

"Biasanya aset-aset daerah tertentu itu ada biaya sewa dan lain sebagainya, tapi melalui kebijakan kepala daerah demi suksesnya Pilkada 2024 semua digratiskan," ungkap Edie.

Dalam kegiatan rakor tersebut, juga dilakukan penyerahan hibah Barang Milik Negara (BMN) berupa sebidang tanah seluas 10.000 m² di Jalan Pasir Panjang. Harapannya hal ini dapat mendukung kegiatan pemerintahan di Kobar dan memperkuat sinergi antara KPU dan Pemkab Kobar dalam mewujudkan Pilkada yang sukses.

Ketua KPU Prop. Kalteng Satriadi secara simbolis serahkan aset BMN kepada Pemkab Kobar yang diwakili Kaban Kesbangpol Kobar Edie Faganti di Ballroom Brits Hotel, Rabu (10/07/2024).

Sementara itu menurut Ketua KPU Kobar Chaidir mengatakan bahwa penyelenggaraan Pilkada memerlukan sinergi dari semua lapisan masyarakat dan pemerintah daerah agar dapat berjalan lancar dan sukses. Salah satu bentuk dukungan yang sangat menggembirakan adalah semangat berkelanjutan dalam penyelenggaraan berbagai tahapan Pilkada.

“Kami tidak akan mampu menyelenggarakan Pilkada tanpa ada dukungan berbagai pihak di Kobar, mulai dari Bupati hingga tingkat RT, PPK serta PPS kami. Contohnya, mendapat dukungan fasilitas kantor dan peralatan kerja lainnya dimana dukungan fasilitas ini sangat vital untuk memastikan para petugas bisa menjalankan tugas mereka dengan baik,” ujar Chaidir.

Saat ini, KPU Kobar sedang melaksanakan tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih. “Petugas kami datang ke rumah-rumah mencocokkan data yang mereka bawa dengan data masyarakat Kobar,” ucap Chaidir.

“Kami mohon pada para camat hingga perangkat desa untuk membantu petugas kami agar masyarakat bisa memberikan data yang diperlukan, sehingga pelaksanaan Pilkada bisa berjalan dengan sukses dan lancar. Dukungan dari aparatur pemerintah desa dan kecamatan sangat penting dalam memastikan data pemilih yang akurat dan valid,” jelas Chaidir.

Turut hadir dalam kegiatan ini unsur Forkompimda Kobar, Ketua KPU Provinsi Kalimantan Tengah Sastriadi, Sekretaris KPU Provinsi Kalimantan Tengah Muhammad Hasyim, Kabag Keuangan Umum dan Logistik KPU Kalteng Agustari Kristidiningrum, perwakilan OPD, Camat dan Kades se-Kobar. (humas kesbangpol)

Kaban Kesbangpol Kobar mewakili Pj. Bupati Kobar duduk bersama Ketua KPU Kalteng, Ketua KPU Kobar, Perwakilan Forkopimda Kobar pada Kegiatan Rakor Dukungan Pemerintah Daerah dalam Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 dan Penyerahan Naskah Hibah BMN KPU Kab. Kobar kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat yang dilaksanakan di Ballroom Brits Hotel, Rabu (10/07/2024).