Mulai 5 Januari 2024, Citilink Layani Penerbangan Reguler Jakarta-Pangkalan Bun

Penyambutan kedatangan maskapai Citilink A320 dengan prosesi Water Salute Ceremony di Bandara Iskandar Pangkalan Bun, Jumat (05/01/2023)

MMC Kobar - Mulai Jumat (5/1) maskapai Citilink dengan jenis Airbus A320 melayani penerbangan reguler di Bandar Udara (Bandara) Iskandar Pangkalan Bun. Maskapai Citilink A320 tersebut akan melayani rute penerbangan Pangkalan Bun – Jakarta dan sebaliknya.

Direktur Utama Citilink, Dewa Rai melalui siaran pers mengatakan bahwa pembukaan rute baru ini merupakan bentuk komitmen Citilink dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di Kalimantan Tengah terhadap aksesibilitas transportasi udara, khususnya dalam meningkatkan konektivitas antarpulau yakni Kalimantan dan Jawa.

(Baca Juga : Waspada Ular Masuk Rumah Saat Musim Hujan, Damkar Kobar Berikan Tips yang Dapat Dilakukan Agar Rumah Tetap Aman)

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam mewujudkan penerbangan ini. Dengan komitmen kami dalam memberikan layanan berkualitas tinggi, kami berharap rute ini dapat mempermudah mobilitas masyarakat, serta dapat memperlancar pendistribusian logistic antar kedua daerah,” kata Dewa.

Kemudian pada saat acara penerbangan perdana Citilink A320 di Bandara Iskandar Pangkalan Bun, Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat, Budi Santosa mengucapkan rasa syukur atas kehadiran maskapai Citilink dalam melayani penerbangan di Pangkalan Bun.

Persiapan keberangkatan pesawat Citilink A320 di Bandara Iskandar Pangkalan Bun menuju Bandara Soekarno Hatta Jakarta, Jumat (05/01/2023)

“Ini merupakan upaya bersama Pemerintah Daerah didukung Forkopimda dan anggota legislatif, serta semua pihak yang bekerja keras untuk mewujudkan harapan masyarakat Kotawaringin Barat dalam melayani penerbangan dari dan ke Pangkalan Bun,” ujar Budi Santosa.

“Doakan kedepannya juga akan ada maskapai baru lagi untuk kebutuhan melayani masyarakat Pangkalan Bun. Karena semakin tinggi angka kunjungan ke Pangkalan Bun, kita yakini akan berdampak secara ekonomi bagi masyarakat,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kobar, Amir Hadi menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi secara terus menerus dengan Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Iskandar Pangkalan Bun.

“Dengan adanya maskapai Citilink Airbus A320 ini diyakini akan memacu pertumbuhan perekonomian daerah dengan kemudahan-kemudahan aksesibilitas dan mobilitas orang dan logistic. Selain itu, penambahan maskapai ini menjadi opsi dalam mengatasi keterbatasan angkutan pesawat pada saat sebelumnya,” jelas Amir.

Kepala UPBU Iskandar Pangkalan Bun, Budi Setiawan menginformasikan bahwa pada hari ini (05/01) penumpang Citilink Airbus A320 yang tiba di Bandara Iskandar Pangkalan Bun dari Bandara Soekarno Hatta Jakarta ada sebanyak 107 orang.

“Ada 120 orang penumpang yang bertolak dari Bandara Iskandar Pangkalan Bun menuju Bandara Soekarno Hatta Jakarta dengan menggunakan pesawat Citilink A320 yang hari ini terbang perdana. Citilink A320 tersebut akan melayani penerbangan reguler 3 kali dalam seminggu yakni hari Senin, Rabu, dan Jumat,” tandas Budi Setiawan. (vgs/dishubkobar)

Foto bersama Pj Bupati Kotawaringin bersama unsur Forkopimda dan Kepala OPD saat penyambutan kedatangan maskapai Citilink A320 di Bandara Iskandar Pangkalan Bun, Jumat (05/01/2023)